Krisis Pangan, Kim Jong-un Bunyikan Alarm Produksi Pertanian

Selasa, 28 Februari 2023 - 19:47 WIB
loading...
A A A
Tingkat kekurangan pangan di Korut tidak jelas, tetapi dalam laporan Januari, proyek pemantauan 38 North yang berbasis di AS mengatakan bahwa kerawanan pangan berada pada titik terburuk sejak kelaparan yang menghancurkan negara itu pada 1990-an.



“Ketersediaan pangan kemungkinan besar telah turun di bawah batas minimum sehubungan dengan kebutuhan manusia,” kata laporan itu.

Pengejaran swasembada Korut berarti hampir semua biji-bijiannya diproduksi di dalam negeri, tetapi hal itu telah membuat negara itu rentan, demikian temuan 38 North.

“Mencapai hasil pertanian yang memadai di tanah Korea Utara yang tidak menguntungkan, ironisnya, telah menimbulkan ketergantungan yang besar pada barang-barang impor dan membuat negara tersebut terkena guncangan global, konflik diplomatik, dan cuaca buruk,” kata laporan itu.

Solusi jangka panjang untuk masalah ini sebagian terletak pada penyelesaian kebuntuan atas senjata nuklir dan sanksi, tetapi juga membutuhkan reformasi ekonomi.

"Inisiasi reformasi ekonomi dalam negeri akan melepaskan kapasitas produktif Korea Utara dan memungkinkannya mengekspor produk industri dan jasa yang dapat diperdagangkan, memperoleh devisa, dan mengimpor biji-bijian curah secara komersial berkelanjutan," kata 38 North.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)