Ini yang Bikin Orang-orang Yahudi Cerdas, Ternyata Terpengaruh Kejayaan Islam

Sabtu, 04 Februari 2023 - 15:00 WIB
loading...
A A A
Kerajaan Islam yang sangat besar yang muncul setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW terbentang dari semenanjung Iberia sampai ke India dan China.

Di dalamnya ditanamkan tidak hanya agama Islam tetapi juga bahasa dominan, Arab, lembaga dan hukum baru. Pertumbuhan kekaisaran menyebabkan perkembangan banyak industri baru, perdagangan meluas dan kota-kota baru didirikan.

Gelombang globalisasi dan urbanisasi yang luar biasa ini memicu peningkatan permintaan akan profesional terdidik dengan keterampilan intelektual. Pengaruh perubahan ini terhadap orang Yahudi sangat dramatis: antara tahun 750 dan 900, hampir semua orang Yahudi di Mesopotamia dan Persia—sekitar 75 persen Yahudi dunia pada saat itu—meninggalkan pertanian, pindah ke kota-kota besar Kekhalifahan Abbasiyah, dan memulai untuk berspesialisasi dalam berbagai profesi berbasis literasi dan pendidikan, yang jauh lebih menguntungkan daripada bertani.

Perubahan dalam struktur pekerjaan orang-orang Yahudi ini terjadi bahkan sebelum pembatasan hukum diberlakukan terhadap mereka sehubungan dengan kepemilikan tanah.

Oleh karena itu, dalam buku mereka, Eckstein dan Botticini memberikan jawaban yang orisinal dan berani atas pertanyaan sejarah yang besar tentang mengapa orang Yahudi menjadi bangsa pedagang, pedagang grosir, bankir, sarjana, dan dokter.

Bukan karena perintah atau kebutuhan, kedua penulis itu berpendapat, melainkan karena keuntungan relatif yang jelas yang mereka kembangkan selama berabad-abad sebagai akibat dari peristiwa traumatis—penghancuran Kuil Kedua—yang mengarah pada upaya pemberian melek huruf di antara setiap orang Yahudi.

Proses itu mempersiapkan orang-orang Yahudi untuk mengambil peran kunci dalam kebangkitan ekonomi kerajaan Islam, karena keterampilan mereka sangat sesuai dengan kebutuhan dunia perkotaan dan global yang sedang berkembang.

Orang-orang Yahudi pergi mencari, secara metaforis, Amerika pada masa itu, berimigrasi ke tempat-tempat di mana keterampilan mereka membuat mereka sangat dicari, seperti Yaman, Suriah, Mesir dan Maghreb, dan kemudian ke Eropa Barat.

Milik kolektif dengan identitas yang kuat memungkinkan mereka untuk mempertahankan ikatan antar-daerah terlepas dari mana mereka tinggal, dan juga untuk menegakkan perjanjian kontrak dari jauh—sesuatu yang sangat membantu dalam perdagangan.

Itu juga dapat menjelaskan kesuksesan orang Yahudi yang memusingkan dalam profesi yang berkaitan dengan kredit dan pasar keuangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)