Ini yang Bikin Orang-orang Yahudi Cerdas, Ternyata Terpengaruh Kejayaan Islam

Sabtu, 04 Februari 2023 - 15:00 WIB
loading...
A A A
Untuk menjamin kesinambungan, setiap laki-laki ditugasi untuk membekali putra-putranya sejak usia dini dengan kemampuan membaca dan menulis. Itu memang perkembangan revolusioner di dunia yang mayoritas penduduknya buta huruf.

Semua ini diketahui dengan baik, tetapi yang kurang jelas berkaitan dengan konsekuensi tak terduga dari perkembangan dramatis ini, baik untuk Yudaisme maupun untuk hubungan timbal balik antara penganutnya dan lingkungannya. Menanamkan melek huruf dan pengajaran Taurat memerlukan biaya tinggi, tetapi pada saat yang sama, pada abad pertama setelah penghancuran Kuil Kedua, kebanyakan orang Yahudi masih bertani, dan dengan demikian hidup dalam kemiskinan dan kesulitan.

Bagaimana seorang petani Yahudi sederhana di desa Galilea pada tahun 200 M dapat menanggung biaya pendidikan putra-putranya? Dan apa yang dia dapatkan dari itu?

Itu adalah dilema eksistensial sentral yang membebani orang Yahudi pada periode itu: menanggung beban keuangan pendidikan dan dengan demikian berpegang teguh pada Yudaisme, atau mengambil keuntungan dari penghematan langsung dari pengeluaran semacam itu, dan dengan demikian meninggalkan Yudaisme.

Logika ekonomi sederhana memprediksi bahwa keputusan yang menentukan seperti itu akan dibuat sesuai dengan keuntungan dan preferensi relatif setiap orang. Jelas, orang Yahudi yang kedekatannya dengan agama mereka lemah sejak awal, atau mereka yang kesulitan belajar, akan tergoda untuk memilih alternatif yang lebih mudah.

Dengan kata lain, akal sehat mengatakan bahwa sebagian dari orang Yahudi akan berasimilasi, dan oleh karena itu populasinya akan berkurang secara bertahap. Memang, pada masa Talmud ‏(abad ketiga hingga keenam M), dua pola berbeda muncul: di satu sisi, melek huruf meningkat di antara komunitas Yahudi, yang ekonominya sebagian besar berbasis pertanian. Di sisi lain, proses pertobatan agama yang lambat namun nyata ‏(terutama ke Kristen), dan setelahnya terjadi penyusutan dramatis populasi Yahudi—dari sekitar 5,5 juta sekitar tahun 65 M menjadi hanya 1,2 juta pada sekitar tahun 650.

Epidemi dan pembantaian juga berkontribusi pada hal ini, tetapi faktor-faktor ini paling banyak menyumbang sekitar setengah dari penurunan populasi yang tajam.

Terpengaruh Kejayaan Islam

Pada pertengahan abad ketujuh, ada sebuah sejarah pertemuan antara Yahudi dan Islam yang naik.

Perjumpaan itu ditakdirkan untuk memperkuat revolusi melek huruf yang telah mengakar berabad-abad sebelumnya di kalangan orang Yahudi, dan menyalurkannya ke arah yang tak terduga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)