Ini yang Bikin Orang-orang Yahudi Cerdas, Ternyata Terpengaruh Kejayaan Islam

Sabtu, 04 Februari 2023 - 15:00 WIB
loading...
Ini yang Bikin Orang-orang Yahudi Cerdas, Ternyata Terpengaruh Kejayaan Islam
Albert Einstein, ilmuwan genius Yahudi penemu teori relativitas. Banyak faktor menjadi penentu mengapa orang-orang Yahudi begitu cerdas. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Orang-orang Yahudi telah mendominasi keunggulan di berbagai bidang kehidupan, terutama sains dan teknologi. Mengapa mereka begitu cerdas?

Profesor Manuel Trajtenberg, ekonom dan Ketua Komite Perencanaan dan Penganggaran Dewan Pendidikan Tinggi di Israel, mengungkap bahwa kecerdasan orang-orang Yahudi sekarang tak lepas dari pengaruh kejayaan Islam setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Dalam artikel di surat kabar Haaretz, profesor Israel itu menulis bahwa keberhasilan intelektual orang Yahudi di era modern dan keunggulan mereka dalam pekerjaan di bidang perdagangan, kedokteran, dan keuangan sejak Abad Pertengahan adalah salah satu misteri yang paling menantang dalam sejarah panjang orang Yahudi.

Dia mengulas riset penulis Zvi Eckstein dan Maristella Botticini dalam buku mereka “The Chosen Few" yang membahas perkembangan keunggulan relatif orang Yahudi dalam pekerjaan yang membutuhkan literasi dan pendidikan.



Menurut buku tersebut, setelah penghancuran Kuil Kedua di Yerusalem pada tahun 70 M, kelangsungan hidup agama Yahudi (Yudaisme) menuntut agar setiap orang Yahudi belajar membaca dan menulis, dan memperoleh keterampilan memperoleh pengetahuan; siapa pun yang tidak dapat melakukannya—menjadi berasimilasi. Jadi, karena kebutuhan, orang Yahudi mendapati diri mereka memiliki keterampilan yang terbukti penting bagi perkembangan ekonomi mereka.

Profesor Trajtenberg menuliskan dalam artikelnya bahwa sejak masa pembuangan di Babilon, pada abad ke-6 SM sampai penghancuran Kuil Kedua, Yudaisme bertumpu pada dua pilar utama: ritual yang dilakukan di kuil dan pembacaan Taurat tertulis.

Sekelompok kecil pendeta memimpin kuil, dan pelajaran Taurat juga merupakan bidang yang sangat sedikit.

Penaklukan Romawi atas Yerusalem dan penghancuran kuil sekaligus mengubah "pusat gravitasi" Yudaisme dari imamat di Yerusalem menjadi komunitas rabi dan cendekiawan yang berkembang—yaitu, dari beit hamikdash menjadi beit hamidrash ‏(dari kuil ke agama ruang belajar).

Dengan tidak adanya pusat ritual yang nyata, kelangsungan hidup Yudaisme kemudian menjadi bergantung pada kemampuannya untuk menciptakan alternatif yang dapat beradaptasi dengan kondisi baru yang sulit. Membaca dan mempelajari Taurat oleh setiap orang Yahudi—ini merupakan dasar keberadaan orang-orang Yahudi sejak saat itu.

Untuk menjamin kesinambungan, setiap laki-laki ditugasi untuk membekali putra-putranya sejak usia dini dengan kemampuan membaca dan menulis. Itu memang perkembangan revolusioner di dunia yang mayoritas penduduknya buta huruf.

Semua ini diketahui dengan baik, tetapi yang kurang jelas berkaitan dengan konsekuensi tak terduga dari perkembangan dramatis ini, baik untuk Yudaisme maupun untuk hubungan timbal balik antara penganutnya dan lingkungannya. Menanamkan melek huruf dan pengajaran Taurat memerlukan biaya tinggi, tetapi pada saat yang sama, pada abad pertama setelah penghancuran Kuil Kedua, kebanyakan orang Yahudi masih bertani, dan dengan demikian hidup dalam kemiskinan dan kesulitan.

Bagaimana seorang petani Yahudi sederhana di desa Galilea pada tahun 200 M dapat menanggung biaya pendidikan putra-putranya? Dan apa yang dia dapatkan dari itu?

Itu adalah dilema eksistensial sentral yang membebani orang Yahudi pada periode itu: menanggung beban keuangan pendidikan dan dengan demikian berpegang teguh pada Yudaisme, atau mengambil keuntungan dari penghematan langsung dari pengeluaran semacam itu, dan dengan demikian meninggalkan Yudaisme.

Logika ekonomi sederhana memprediksi bahwa keputusan yang menentukan seperti itu akan dibuat sesuai dengan keuntungan dan preferensi relatif setiap orang. Jelas, orang Yahudi yang kedekatannya dengan agama mereka lemah sejak awal, atau mereka yang kesulitan belajar, akan tergoda untuk memilih alternatif yang lebih mudah.

Dengan kata lain, akal sehat mengatakan bahwa sebagian dari orang Yahudi akan berasimilasi, dan oleh karena itu populasinya akan berkurang secara bertahap. Memang, pada masa Talmud ‏(abad ketiga hingga keenam M), dua pola berbeda muncul: di satu sisi, melek huruf meningkat di antara komunitas Yahudi, yang ekonominya sebagian besar berbasis pertanian. Di sisi lain, proses pertobatan agama yang lambat namun nyata ‏(terutama ke Kristen), dan setelahnya terjadi penyusutan dramatis populasi Yahudi—dari sekitar 5,5 juta sekitar tahun 65 M menjadi hanya 1,2 juta pada sekitar tahun 650.

Epidemi dan pembantaian juga berkontribusi pada hal ini, tetapi faktor-faktor ini paling banyak menyumbang sekitar setengah dari penurunan populasi yang tajam.

Terpengaruh Kejayaan Islam

Pada pertengahan abad ketujuh, ada sebuah sejarah pertemuan antara Yahudi dan Islam yang naik.

Perjumpaan itu ditakdirkan untuk memperkuat revolusi melek huruf yang telah mengakar berabad-abad sebelumnya di kalangan orang Yahudi, dan menyalurkannya ke arah yang tak terduga.

Kerajaan Islam yang sangat besar yang muncul setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW terbentang dari semenanjung Iberia sampai ke India dan China.

Di dalamnya ditanamkan tidak hanya agama Islam tetapi juga bahasa dominan, Arab, lembaga dan hukum baru. Pertumbuhan kekaisaran menyebabkan perkembangan banyak industri baru, perdagangan meluas dan kota-kota baru didirikan.

Gelombang globalisasi dan urbanisasi yang luar biasa ini memicu peningkatan permintaan akan profesional terdidik dengan keterampilan intelektual. Pengaruh perubahan ini terhadap orang Yahudi sangat dramatis: antara tahun 750 dan 900, hampir semua orang Yahudi di Mesopotamia dan Persia—sekitar 75 persen Yahudi dunia pada saat itu—meninggalkan pertanian, pindah ke kota-kota besar Kekhalifahan Abbasiyah, dan memulai untuk berspesialisasi dalam berbagai profesi berbasis literasi dan pendidikan, yang jauh lebih menguntungkan daripada bertani.

Perubahan dalam struktur pekerjaan orang-orang Yahudi ini terjadi bahkan sebelum pembatasan hukum diberlakukan terhadap mereka sehubungan dengan kepemilikan tanah.

Oleh karena itu, dalam buku mereka, Eckstein dan Botticini memberikan jawaban yang orisinal dan berani atas pertanyaan sejarah yang besar tentang mengapa orang Yahudi menjadi bangsa pedagang, pedagang grosir, bankir, sarjana, dan dokter.

Bukan karena perintah atau kebutuhan, kedua penulis itu berpendapat, melainkan karena keuntungan relatif yang jelas yang mereka kembangkan selama berabad-abad sebagai akibat dari peristiwa traumatis—penghancuran Kuil Kedua—yang mengarah pada upaya pemberian melek huruf di antara setiap orang Yahudi.

Proses itu mempersiapkan orang-orang Yahudi untuk mengambil peran kunci dalam kebangkitan ekonomi kerajaan Islam, karena keterampilan mereka sangat sesuai dengan kebutuhan dunia perkotaan dan global yang sedang berkembang.

Orang-orang Yahudi pergi mencari, secara metaforis, Amerika pada masa itu, berimigrasi ke tempat-tempat di mana keterampilan mereka membuat mereka sangat dicari, seperti Yaman, Suriah, Mesir dan Maghreb, dan kemudian ke Eropa Barat.

Milik kolektif dengan identitas yang kuat memungkinkan mereka untuk mempertahankan ikatan antar-daerah terlepas dari mana mereka tinggal, dan juga untuk menegakkan perjanjian kontrak dari jauh—sesuatu yang sangat membantu dalam perdagangan.

Itu juga dapat menjelaskan kesuksesan orang Yahudi yang memusingkan dalam profesi yang berkaitan dengan kredit dan pasar keuangan.

Pada abad 12-13, rentenir sudah menjadi pekerjaan khas Yahudi di Inggris, Prancis, dan Jerman, serta profesi utama mereka di Spanyol, Portugal, Italia, dan negeri Eropa Barat lainnya.

Penjelasan yang dikemukakan di sini bertentangan dengan pandangan umum bahwa orang Yahudi Eropa pada Abad Pertengahan berspesialisasi dalam peminjaman uang karena mereka dilarang menjadi anggota serikat perajin, dan karena Muslim dan Kristen dilarang meminjamkan uang dengan bunga.

Buku “The Chosen Few" berargumen bahwa orang Yahudi di Eropa Barat dengan rela berspesialisasi dalam profesi itu dan perbankan karena mereka memiliki keterampilan dan kondisi yang tepat: kemampuan membaca dan menulis, kecakapan matematika, dan sarana kelembagaan untuk menegakkan kontrak; modal yang awalnya dihimpun dari pekerjaan mereka sebagai pedagang dan perajin; dan jaringan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memungkinkan mereka berkomunikasi satu sama lain di seluruh diaspora.

Peristiwa bersejarah ketiga yang berdampak besar pada Yudaisme adalah invasi Mongol ke Timur Tengah, sesuatu yang secara mengejutkan tidak ditekankan sedikit pun dalam buku-buku sejarah Yahudi.

Bangsa Mongol menginvasi Persia dan Mesopotamia pada tahun 1219; penaklukan mencapai puncaknya dengan penjarahan Baghdad pada tahun 1258. Dengan demikian runtuhlah ekonomi perkotaan dan komersial Kekhalifahan Abbasiyah, dan ekonomi Mesopotamia dan Persia mengalami kemunduran ke tahap pertanian yang menjadi ciri khasnya di masa lalu.

Akibatnya, sebagian besar orang Yahudi di Persia, Mesopotamia, dan bahkan Mesir dan Suriah, terpaksa meninggalkan Yudaisme dan pindah agama.

Norma agama, dan terutama yang menuntut pendidikan anak laki-laki, sekali lagi menjadi beban yang sangat mahal, dan cukup banyak orang Yahudi yang masuk Islam.

Sebagai akibatnya, populasi Yahudi dunia menyusut secara substansial dan mencapai titik terendah yang belum pernah terjadi sebelumnya pada akhir abad ke-15. Dengan kata lain, sejarah membuktikan bahwa mekanisme yang sama yang disajikan di sini juga dapat bekerja dalam arah yang berlawanan, mengingat kejutan eksternal—dalam hal ini, penaklukan Mongol.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)