Kapsul Radioaktif Australia yang Hilang Ditemukan

Kamis, 02 Februari 2023 - 16:36 WIB
loading...
A A A
Ketika paket dibuka pada 25 Januari, setelah tiba di Perth dan disimpan di fasilitas penyimpanan radiasi yang aman selama hampir 10 hari, alat pengukur radiasi rusak, dengan salah satu dari empat baut pemasangan, kapsul dan semua sekrup di pengukur hilang.

Kapsul itu ditemukan dalam satu hari setelah badan keamanan nuklir Australia bergabung dalam pencarian dengan peralatan deteksi khusus yang dipasang di mobil dan portabel. Tim pencari telah menghabiskan enam hari menjelajahi seluruh jalan raya.

Pihak berwenang juga mengirim spesialis layanan radiasi dari Organisasi Sains dan Teknologi Nuklir Australia dalam operasi pencarian pada hari Selasa bersama dengan peralatan deteksi dan pencitraan.

Investigasi pemerintah telah diluncurkan tentang bagaimana kapsul itu jatuh dari truk dan sebuah laporan akan diberikan kepada menteri kesehatan.

Pejabat pertahanan sedang memverifikasi identifikasi kapsul, yang telah ditempatkan ke dalam wadah timah untuk keamanan. Itu akan disimpan di lokasi yang aman di Newman sebelum diangkut ke fasilitas kesehatan di Perth.



Perusahaan pertambangan yang bertanggung jawab untuk mengangkut kapsul, Rio Tinto, mengeluarkan permintaan maaf "atas alarm" selama akhir pekan dan mengatakan "menangani insiden ini dengan sangat serius".

Kepala eksekutif Rio Tinto Iron Ore Simon Trott mengucapkan terima kasih atas penemuan tersebut.

"Pemulihan yang sangat luar biasa ketika Anda memikirkan jarak yang terlibat, dan juga keterpencilan medan, dan saya pikir itu benar-benar menunjukkan keuletan semua orang yang terlibat dalam pencarian," kata Trott.

“Fakta sederhananya adalah perangkat ini seharusnya tidak pernah hilang. Kami menyesal telah terjadi dan kami menyesal atas kekhawatiran yang ditimbulkan dalam komunitas Australia Barat,” imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)