Kapsul Radioaktif Australia yang Hilang Ditemukan

Kamis, 02 Februari 2023 - 16:36 WIB
loading...
Kapsul Radioaktif Australia yang Hilang Ditemukan
Kapsul radioaktif yang hilang berhasil ditemukan di Australia barat. Foto/BBC
A A A
CANBERRA - Otoritas Australia telah menemukan kapsul radioaktif yang jatuh dari sebuah truk saat berada di jalan raya sepanjang 870 mil melalui Australia Barat bulan lalu.

Kapsul – berdiameter 6mm dan panjang 8mm – ditemukan di selatan kota pertambangan Newman di Great Northern Highway. Kapsul itu terdeteksi oleh kendaraan pencari ketika peralatan spesialis mengambil radiasi yang dipancarkan dari kapsul. Kapsil itu terletak sekitar enam kaki dari sisi jalan.

"Ini adalah hasil yang luar biasa ... mereka benar-benar menemukan jarum di tumpukan jerami," kata Menteri Layanan Darurat Stephen Dawson seperti dikutip dari Independent, Kamis (2/2/2023).

Layanan darurat negara bagian Australia Barat mengatakan bahwa kapsul itu tidak lagi menimbulkan risiko bagi masyarakat.

"Zat radioaktif di beberapa bagian Pilbara, Midwest Gascoyne, Goldfields-Midlands, dan wilayah Metropolitan Perth sekarang telah dibatasi dan dikendalikan karena zat tersebut telah ditemukan dan diamankan," kata layanan darurat dalam peringatannya.

Kapsul itu mengandung cesium-137, yang biasa digunakan dalam alat pengukur radiasi dan memancarkan radiasi dalam jumlah berbahaya yang setara dengan menerima 10 sinar-X dalam satu jam.

Kapsul itu salah tempat dalam transit di beberapa titik di jalan yang lebih panjang dari panjang Inggris Raya awal bulan ini, mendorong pejabat untuk mengeluarkan peringatan radiasi yang meluas untuk sebagian besar Australia Barat.



Para pejabat mengatakan bahwa kapsul tersebut dikemas pada 10 Januari dan dikirim ke Perth untuk diperbaiki sebelum meninggalkan lokasi untuk diangkut melalui jalan darat pada 12 Januari.

Para petugas mengatakan kapsul berukuran kecil itu berisiko menyebabkan kulit terbakar dan kontak yang terlalu lama dapat menyebabkan kanker. Kepala petugas kesehatan Andy Robertson mengatakan kapsul itu tampaknya tidak bergerak dan tidak ada korban luka yang dilaporkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)