Dendam Lama, 4 Negara ini Diketahui Sangat Membenci Rusia

Kamis, 17 Maret 2022 - 20:37 WIB


2. Baltik

Baltik menjadi negara berikutnya yang membenci Rusia. Baltik merupakan kelompok tiga negara berdaulat di Eropa Utara, yaitu Estonia, Latvia, dan Lithuania. Ketiga negara tersebut memiliki sejarah panjang dalam konfliknya bersama Rusia.

Pada era Uni Soviet, Baltik pernah diserang dan diduduki Uni Soviet pada Juni 1940. Hal tersebut terjadi ketika Uni Soviet dan Jerman membuat kesepakatan bahwa negara Baltik (Estonia, Lithuania, dan Latvia) adalah bagian Uni Soviet. Dunia menganggap bahwa itu merupakan agresi, tetapi Uni Soviet berdalih mereka bergabung secara sukarela.

Setelah kejatuhan Uni Soviet, negara Baltik mulai menjadi merdeka dan berdaulat. Mereka berusaha menghapus kenangan buruk dari Uni Soviet. Namun, dalam hal ini sentimen terhadap Rusia masih tersimpan pada masyarakat Baltik yang membuat mereka membencinya.



3. Polandia

Negara selanjutnya yang membenci Rusia adalah Polandia. Perebutan wilayah Semenanjung Krimea oleh Rusia meningkatkan ketegangan antara Polandia dan Rusia. Dalam hal ini, Polandia tau bahwa Rusia sedang membangun kembali pengaruhnya di Eropa Timur dan hal tersebut membuat Polandia merasa terancam.

Meskipun Polandia merupakan salah satu mitra dagang terbesar Rusia dan penyedia surplus terbesar ketujuh Rusia, Polandia tetap tidak bisa menerima perebutan Rusia atas Krimea. Dalam hal ini, Polandia bahkan mendukung sanksi ekonomi dari NATO dan Uni Eropa terhadap Rusia.

Selain itu, Polandia dan Rusia juga sudah terlibat konflik sejak tahun 981 ketika Pangeran Kiev, Vladimir Svytoslavich merebut kota Cherven dari Polandia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More