Arab Saudi Diam-diam Dekati Taliban setelah Jadi Penguasa Afghanistan

Jum'at, 03 September 2021 - 15:26 WIB
Riyadh secara resmi memutuskan hubungan dengan Taliban setelah serangan 9/11, hampir dua puluh tahun yang lalu.

Kerajaan telah lama dituduh mendukung ekstremis dan Menteri Luar Negeri AS saat itu Hillary Clinton mengatakan dalam email yang bocor bahwa Washington perlu menekan negara-negara seperti Arab Saudi dan Qatar, "Yang menyediakan dukungan keuangan dan logistik rahasia untuk ISIS dan kelompok Sunni radikal lainnya di wilayah tersebut".

Dalam beberapa tahun terakhir, Riyadh telah berusaha mengubah citranya, terutama di dalam negeri, karena tampaknya bergerak melampaui ketergantungannya pada "petrodollar" untuk mendiversifikasi ekonominya dan menarik investasi asing.

MBS telah memelopori reformasi yang bertujuan meliberalisasi negara konservatif, seperti memberi perempuan hak untuk mengemudi, mengizinkan percampuran pasangan yang belum menikah, dan melucuti sebagian besar kekuasaan polisi agama.

Tetapi banyak orang di Barat terus mengasosiasikan Arab Saudi dengan interpretasi Islam yang ketat. Di AS, kerajaan telah mencoba untuk menolak gugatan yang berpotensi memalukan oleh keluarga korban 9/11 yang menuduh pemerintah Saudi terlibat dalam serangan tahun 2001 itu dan mempertahankan hubungan dengan al-Qaeda.

Pada saat yang sama, liberalisasi dalam masyarakat Saudi telah berjalan seiring dengan apa yang dikatakan beberapa orang sebagai penurunan hak asasi manusia dan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat politik.

CIA mengeluarkan laporan tahun lalu yang menyalahkan MBS atas pembunuhan kolumnis MEE Jamal Khashoggi.

"Saudi masih dalam kotak dengan Barat atas masalah hak asasi manusia," kata Karasik.

"Hal terakhir yang mereka inginkan adalah dikaitkan dengan Taliban, terutama dengan peringatan 9/11 yang akan datang."
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More