Jalan Panjang 10 Tokoh Politik Dunia Demi Kebebasan Negaranya

Minggu, 31 Januari 2021 - 06:35 WIB
Pada 1971 sekembali dari pengasingannya di AS, Kim mengikuti pemilu presiden, namun gagal. Ia kembali gagal dalam pemilu presiden tahun 1987, dan 1992, namun akhirnya menang pada pemilu presiden Desember 1997. Awal 1998, Kim dilantik sebagai presiden Korea Selatan, dan sejak saat itulah kekuasaan pemerintah militer berakhir di Korea Selatan.

8. Mordechai Vanunu (Israel)



Mordechai Vanunu juga dikenal dengan nama John Crossmann, adalah mantan teknisi nuklir Israel yang membocorkan program nuklir Israel kepada pers Inggris pada 1986. Karena hal itu ia diculik seorang agen Mossad (dinas rahasia Israel) ke Roma Italia sebelum akhirnya diselundupkan ke Israel.

Di negeri Yahudi itu ia diadili secara rahasia dan dijatuhi hukuman karena tuduhan sebagai pengkhianat. Ia dihukum kurungan selama 18 tahun, dan lebih daripada 11 tahun dari masa itu dijalaninya dalam kurungan tersendiri.

Vanunu dibebaskan dari tahanan pada 21 April 2004 namun dikenai pembatasan dalam berbicara dan melakukan perjalanan. Vanunu telah tinggal di Yerusalem sejak dibebaskan dari penjara pada 2004. Tapi ia masih dalam pengawasan ketat, termasuk tidak diperbolehkan meninggalkan Israel atau berbicara dengan orang asing.

9. Xanana Gusmao (Timor Leste)



Xanana Gusmao memelopori gerakan kemerdekaan Timor Timur dari Portugal dan juga dari Indonesia. Ditangkap pada November 1992 atas tuduhan subversi dan kepemilikan senjata api secara ilegal, Gusmao memulai perjuangannya untuk membebaskan rakyatnya dari penjajahan Indonesia.

Dengan bantuan luar biasa Jose Ramos Horta, Gusmao mampu membawa perjuangan rakyatnya lepas dari penjajahan ke kancah internasional. Pembebasannya pada 1999 adalah pintu masuk dari digelarnya proses referendum untuk Timor Timur yang akhirnya berujung pada kemerdekaan Timor Leste.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More