Suu Kyi Dipindahkan ke Tahanan Rumah

Jum'at, 28 Juli 2023 - 01:45 WIB
loading...
Suu Kyi Dipindahkan ke Tahanan Rumah
Aung San Suu Kyi dipindahkan ke tahanan rumah setelah setahun diisolasi di penjara. Foto/Reuters
A A A
YANGON - Pemimpin demokraso Myanmar yang digulingkan Aung San Suu Kyi telah dipindahkan ke tahanan rumah setelah militer menahannya menyusul kudeta pada Februari 2021.

Suu Kyi dibawa ke gedung pemerintah di Nay Pyi Taw pada hari Senin. Demikian diungkapkan sumber di penjara kepada BBC Burma. Dia menghabiskan satu tahun di sel isolasi.

Perempuan berusia 78 tahun itu menjalani hukuman 33 tahun, setelah dipenjara dalam persidangan tertutup yang dijalankan militer.

Hampir tidak ada berita yang muncul tentang kondisinya selama lebih dari dua tahun.



Belum ada konfirmasi dari militer tentang pemindahannya dari penjara, tetapi pemindahannya menjadi tahanan rumah bisa menjadi tanda positif dari pihak berwenang, yang menghadapi banyak seruan untuk membebaskan pemimpin negara yang terpilih secara demokratis itu.

Suu Kyi dikabarkan sakit, tetapi militer membantah laporan tersebut. Awal pekan ini, sebuah sumber dari penjara Nay Pyi Taw tempat dia ditahan mengatakan kepada BBC Burma bahwa dia dalam keadaan sehat.

Menteri luar negeri Thailand juga mengungkapkan bulan ini bahwa dia telah mengunjungi Suu Kyi - namun dia tidak mengungkapkan rincian lebih lanjut.

Militer telah mengatur pertemuan antara Suu Kyi dan T Khun Myat, Ketua majelis rendah parlemen. Namun militer membantah pembicaraan ini sedang berlangsung.

Sejak kudeta, Myanmar telah mengalami perang saudara, yang telah menewaskan ribuan orang. Sanksi yang dikenakan pada militer telah gagal menghentikan kekerasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)