Negara dengan Kematian Akibat Polusi Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan ke-4

Senin, 11 Januari 2021 - 14:39 WIB
Kematian akibat polusi : 1,9 juta setahun

China memang sudah dikenal dengan asap-asap beracunnya yang selalu menyelimuti kota. Kota-kota berpenduduk padat di sana memiliki index polusi udara tinggi dan mematikan. Bahkan polusi udara di negeri panda menyumbang angka kematian tertinggi kelima. Menurut Business Insider, emisi pembangkit listrik tenaga batu bara menewaskan 300.000 orang per tahun. Pemerintah China kini mulai beralih ke tenaga nuklir untuk mengurangi polusi yang menyebar saat ini. (Baca juga: Terkubur 2.000 Tahun, Ilmuwan Temukan Kedai Makanan Kuno di Pompeii)

3. Nigeria



Kematian akibat polusi : 279.318 setahun

Nigeria adalah salah satu negara di Afrika dan dunia yang memiliki kualitas udara buruk. Pemandangan di banyak kota-kota di Nigeria dipenuhi dengan kabut, sampah dan air tercemar. Menurut WHO, setidaknya ada 4 kota di Nigeria yang memiliki tingkat polusi mengkhawatirkan. Salah satunya Onitsha, yakni sebuah kota pelabuhan di Nigeria selatan yang tercatat 30 kali lebih buruk dari tingkat yang direkomendasikan WHO PM10 (mengukur konsentrasi partikulat kecil).



Sebanyak 5 kota di Indonesia mengisi lima besar kota dengan udara terkotor di Asia Tenggara. Tangerang Selatan menjadi kota dengan kualitas udara paling buruk di Asia Tenggara. Rata-rata PM2.5 di Tangerang Selatan pada 2019 sebesar 81,3 μg/m3. Tangerang Selatan menempati posisi 24 daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

5. Pakistan

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More