10 Negara dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia, Ini Posisi Indonesia

Kamis, 06 Juli 2023 - 14:41 WIB
loading...
10 Negara dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia, Ini Posisi Indonesia
Pejalan kaki berada di New Delhi, India, yang diselimuti kabut asap. Foto/REUTERS
A A A
BAGHDAD - Terdapat sejumlah negara dengan polusi udara terburuk di dunia yang mungkin belum diketahui. Dari sepuluh besar pemeringkatan, mayoritas berada di Asia.

Untuk diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya menetapkan batas konsentrasi PM2.5 yang baik adalah sebesar 5 mikrogram per meter kubik.

Mengacu laporan IQAir, pada tahun 2022 lalu terdapat sejumlah negara yang masuk kategori terburuk dalam hal polusi udara.

Sekadar informasi, IQAir adalah perusahaan yang melacak kualitas udara di seluruh dunia. Pada tahun 2022, mereka melakukan analisis kualitas udara rata-rata dari berbagai negara di dunia. Berikut sepuluh teratas negara dengan populasi udara terburuk.

Negara dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia

1. Chad


Chad merupakan negara terkurung daratan di Benua Afrika. Wilayahnya berbatasan dengan Libya di Utara, Sudan di timur, Republik Afrika Tengah di selatan, Kamerun di barat daya, dan Niger di bagian barat.

Menurut data IQAir, Chad menjadi negara dengan polusi udara terburuk di dunia pada 2022 lalu. Dalam hal ini, Chad memiliki rata-rata konsentrasi PM2.5 mencapai 89,7 mikrogram per meter kubik.

2. Irak


Beralih ke Asia, kali ini ada Irak. Negara yang memiliki ibu kota di Baghdad ini berada di urutan kedua yang memiliki polusi udara terburuk di dunia tahun 2022 lalu.

Melihat angkanya, rata-rata konsentrasi PM2,5 di Irak mencapai 80,1 mikrogram per meter kubik. Berdasarkan statistik tahun sebelumnya, angka ini meningkat dari 49,7 pada 2021.

3. Pakistan


Pakistan adalah salah satu negara di Asia Selatan. Negara ini berbatasan dengan India di timur, Afghanistan di barat, Iran di barat daya, serta China di bagian timur laut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)