Polusi Udara Sebabkan Kematian 1.200 Anak di Eropa per Tahun

Senin, 24 April 2023 - 13:00 WIB
loading...
Polusi Udara Sebabkan Kematian 1.200 Anak di Eropa per Tahun
Polusi Udara Sebabkan Kematian 1.200 Anak di Eropa per Tahun. FOTO/Shutterstock
A A A
KOPENHAGEN - Polusi udara masih menyebabkan lebih dari 1.200 kematian dini dalam setahun di bawah 18 tahun di seluruh Eropa dan meningkatkan risiko penyakit kronis di kemudian hari. Hal itu diungkapkan Badan Lingkungan Uni Eropa (EEA), Senin (24/4/2023).

“Meskipun ada perbaikan baru-baru ini, tingkat polutan udara utama di banyak negara Eropa tetap berada di atas pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), khususnya di Eropa tengah-timur dan Italia,” sebut pernyataan EEA, seperti dikutip dari AFP.



Penyataan ini dikeluarkan EEA setelah melakukan penelitian di lebih dari 30 negara, termasuk 27 negara. anggota Uni Eropa. Laporan itu tidak mencakup negara-negara industri utama Rusia, Ukraina, dan Inggris, yang menunjukkan bahwa jumlah kematian keseluruhan di benua itu bisa lebih tinggi.

EEA mengumumkan November lalu bahwa 238.000 orang meninggal sebelum waktunya karena polusi udara pada tahun 2020 di UE, ditambah Islandia, Liechtenstein, Norwegia, Swiss, dan Turki.

“Polusi udara menyebabkan lebih dari 1.200 kematian dini per tahun pada orang di bawah usia 18 tahun di Eropa dan secara signifikan meningkatkan risiko penyakit di kemudian hari,” lanjut badan tersebut. Studi tersebut adalah yang pertama dari agensi yang berfokus secara khusus pada anak-anak.

“Meskipun jumlah kematian dini pada kelompok usia ini relatif rendah dibandingkan total populasi Eropa yang diperkirakan oleh EEA setiap tahun, kematian di awal kehidupan menunjukkan hilangnya potensi masa depan dan datang dengan beban penyakit kronis yang signifikan, baik di masa kanak-kanak. dan di kemudian hari,” kata agensi itu.



Fakta ini mendesak pihak berwenang untuk fokus pada peningkatan kualitas udara di sekitar sekolah dan pembibitan serta fasilitas olahraga dan pusat transportasi massal.

“Setelah lahir, polusi udara ambien meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan, termasuk asma, penurunan fungsi paru-paru, infeksi saluran pernapasan, dan alergi,” catat laporan tersebut.

Kualitas udara yang buruk juga dapat “memperparah kondisi kronis, seperti asma, yang menimpa sembilan persen anak-anak dan remaja di Eropa, serta meningkatkan risiko beberapa penyakit kronis di kemudian hari saat dewasa.”

Sembilan puluh tujuh persen penduduk perkotaan pada tahun 2021 terpapar udara yang tidak memenuhi rekomendasi WHO, menurut angka yang dirilis Senin.

EEA tahun lalu menggarisbawahi bahwa UE berada di jalur yang tepat untuk memenuhi targetnya mengurangi kematian dini sebesar 50 persen pada tahun 2030 dibandingkan dengan tahun 2005.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)