Jejak 10 Pemimpin Dunia ‘Jinakkan’ Lawan Politik

Minggu, 22 November 2020 - 06:29 WIB
Presiden George W. Bush bahkan secara eksplisit mengatakan Nour "dipenjara secara tidak adil" dalam pidatonya di Republik Ceko pada 2007. Nour dibebaskan pada 2009 setelah tiga tahun "dengan alasan kesehatan" terkait diabetes.

4. Presiden Venezuela Hugo Chavez (1999-2013)



Lawan politik/pengkritik yang diduga dipenjarakan : Lebih dari 100 "musuh" politik.

Setelah meninggal pada 2013, banyak lawan politik Hugo Chavez tetap di penjara dan berharap ada amnesti dari penggantinya, Nicolas Maduro. Para tahanan ini termasuk hakim, kepala polisi setempat, dan mantan jenderal angkatan darat yang menurut laporan telah dipenjara oleh Chavez karena berbagai tindakan perbedaan pendapat.

PBB bahkan terlibat, menyerukan pembebasan mereka. Pemerintah Maduro, mengikuti kepemimpinan Chavez, kemudian menghukum pemimpin oposisi Leopoldo Lopez pada 2015 dengan hukuman 14 tahun karena menghasut protes massal pada 2014.

5. Presiden Zimbabwe Robert Mugabe (Desember 1987-21 November 2017)



Lawan politik/pengkritik yang diduga dipenjarakan : Pemimpin oposisi Morgan Tsvangirai

Tsvangirai mengklaim bahwa "rezim" Mugabe menangkapnya dan aktivis lainnya pada 2007 karena melanggar undang-undang yang melarang mengadakan protes politik. Saat ditahan oleh polisi, Tsvangirai- yang mencalonkan diri melawan Mugabe sebagai presiden pada 2002 dan 2008 – mengaku dipukuli sehingga dia membutuhkan transfusi darah dan mengalami patah tulang tengkorak. (Baca juga: Pertempuran Sengit Pecah di Ethiopia)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More