Kapal Induk Ketiga China Mulai Terbentuk untuk Menantang Dominasi AL AS

Kamis, 17 September 2020 - 00:21 WIB
"Ada kesamaan pandangan seputar ini dalam lima tahun terakhir saat China meluncurkan armada kapal induknya," kata Koh. “Mereka melihat potensi dari apa yang mereka miliki.”

China saat ini adalah pemboros militer terbesar kedua di dunia dan memiliki anggaran 2019 sebesar USD266 miliar. Sedangkan anggaran militer AS sebesar USD718 miliar. Pemerintah China pada Mei lalu mengatakan kenaikan pengeluaran yang dianggarkan untuk tahun 2020 akan relatif kecil, ketika ekonomi menghadapi hambatan struktural, perangdagang dengan Washington dan pandemi virus corona.

Koh mengatakan selain kapal induk, Angkatan Laut China telah berinvestasi besar-besaran dalam kapal pendarat amfibi dan pesawat peringatan dini untuk menemani kapal induk.

Foto-foto satelit terbaru menunjukkan galangan kapal Jiangnan, yang berada di sekitarSungai Yangtze di utara Shanghai, telah berkembang pesat dengan cekungan besar."Dan fasilitas yang dibangun khusus untuk kapal jenis militer besar," kata Funaiole, yang menyebutnya sebagai pusat masa depan pembuatan kapal Angkatan Laut China.

Menurutya, foto-foto itu tidak mengungkapkan kapal induk keempat yang sedang dibangun. "Tapi itu adalah sesuatu yang kami awasi,” ujarnya. Saya yakin itu adalah tempat kita akan melihatnya."
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More