3 Jasa Hizbullah bagi Rakyat Lebanon, Salah Satunya Mempertahankan Kedaulatan Negara

Senin, 21 Oktober 2024 - 23:55 WIB
Tujuan Israel adalah melenyapkan Hizbullah, tetapi kelompok Lebanon itu muncul lebih kuat dan menjadi kekuatan militer dan politik utama di perbatasan utara Israel.

Penentang domestik mengkritik Hizbullah karena mempertahankan persenjataannya dan mendominasi pemerintah. Reputasi Hizbullah juga tercoreng ketika sempat merebut sebagian wilayah Beirut pada bulan Mei 2008 setelah pemerintah Lebanon mengambil tindakan terhadap jaringan telekomunikasi swastanya.

Kemampuan militer Hizbullah juga meningkat, dan telah memainkan peran kunci dalam perang saudara Suriah, menjaga Presiden Bashar al-Assad tetap berkuasa. Dan telah membantu melatih milisi yang didukung Iran di Suriah dan Irak, serta pemberontak Houthi Yaman.

Hizbullah adalah pasukan paramiliter paling signifikan di dunia Arab dengan struktur internal yang kuat serta persenjataan yang cukup besar. Israel melihatnya sebagai ancaman paling langsung, dan memperkirakan bahwa mereka memiliki persenjataan sebanyak 150.000 roket dan rudal, termasuk rudal berpemandu presisi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Hizbullah mengirim pasukan ke Suriah untuk membantu sekutu Iran lainnya, Presiden Bashar Assad, melawan kelompok-kelompok oposisi bersenjata. Hizbullah juga mendukung pertumbuhan milisi yang didukung Iran di Irak, Yaman, dan Suriah.

Khatib dari SOAS Middle East Institute di London menyamakan Hizbullah dengan "kakak besar" dari kelompok-kelompok muda yang didukung Iran yang "tidak menikmati tingkat infrastruktur atau disiplin yang sama." Hizbullah terikat dengan Iran berdasarkan doktrin.

Namun, hubungannya dengan Hamas, cabang dari gerakan Ikhwanul Muslimin Sunni, didasarkan pada pragmatisme. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa pejabat Hamas, termasuk mantan wakil komandannya, Saleh al-Arouri, telah pindah ke Lebanon, di mana mereka mendapatkan perlindungan dari Hizbullah dan kehadiran di berbagai kamp pengungsi Palestina di Lebanon. Arouri tewas dalam serangan pesawat nirawak Israel di pinggiran selatan Beirut pada bulan Januari.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More