Jenderal Inggris Ini Berani Tolak Permintaan AS Memulai Perang Dunia III Melawan Rusia

Kamis, 17 Oktober 2024 - 10:36 WIB
Pada 13 Juni, komandan Inggris Mike Jackson, yang telah terbang ke Pristina, bertemu dengan komandan Rusia Jenderal Viktor Zavarzin, berbagi sebotol wiski dengannya dan menawarkan perlindungan kepada pasukan Rusia.

Jackson saat itu mengatakan kepada Clark dengan terus terang: “Saya tidak akan memulai Perang Dunia III untuk Anda.”

Wakil Jackson, Kapten James Blunt, juga menolak.

Blunt kemudian memiliki karier yang sukses sebagai penyanyi pop, dan berbicara tentang insiden tersebut dalam wawancara dengan media.

Keputusan tak terduga oleh Jackson mendorong Washington untuk mengubah taktiknya dan menekan sekutu barunya di Eropa Timur; Hongaria, Rumania, dan Bulgaria, untuk memblokir wilayah udara mereka bagi bala bantuan militer Rusia dan penerbangan pasokan ulang ke Kosovo.

“Kami [mencermati] kemungkinan konfrontasi dengan kontingen Rusia, yang menurut saya mungkin bukan cara yang tepat untuk memulai hubungan dengan orang Rusia yang akan menjadi bagian dari komando saya,” kata Jackson dalam wawancara berikutnya.

Tindakan Jackson kemungkinan besar dipandu sampai batas tertentu oleh ketertarikannya pada Rusia, yang dimulai sejak 1960-an dan studinya tentang bahasa dan sastra Rusia di Universitas Birmingham.

Meskipun terjadi kontroversi dan gerutuan di AS atas pembangkangan komandan, yang membuat Jackson dijuluki “Macho Jacko” di media tabloid di negaranya, dia tidak dihukum atas tindakannya.

Malah, dia diangkat menjadi C-in-C of Army Land Command (Panglima Komando Darat Angkatan Darat), dan setelah itu menjadi Kepala Staf Umum, dalam ironi nasib—pada malam menjelang dimulainya Perang Irak tahun 2003.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More