5 Perang Menyeret Hizbullah, Salah Satunya Menghadapi Negara-negara Barat

Rabu, 16 Oktober 2024 - 14:01 WIB
Keterlibatan Hizbullah dalam konflik terbaru di Timur Tengah ini adalah sebagai bentuk solidaritas bagi warga Palestina. Sedangkan Israel selalu ingin memusnahkan segala proksi Iran yang tersebar di Timur Tengah.

5. Perlawanan Anti Teror



Perang melawan teror, secara resmi disebut Perang Global Melawan Terorisme (GWOT) adalah kampanye militer antiteroris global yang diprakarsai Amerika Serikat setelah serangan 11 September 2001, dan merupakan konflik global terkini yang mencakup beberapa perang.

Sasaran utama kampanye ini adalah gerakan pejuang seperti Al-Qaeda, Taliban, dan sekutunya. Sasaran utama lainnya termasuk rezim Ba'ath di Irak, yang digulingkan dalam invasi pada tahun 2003, dan berbagai faksi pejuang yang bertempur selama pemberontakan berikutnya.

Presiden AS George W Bush pertama kali menggunakan istilah "perang melawan terorisme" pada 16 September 2001.

Konflik awal ditujukan pada al-Qaeda, dengan teater utama di Afghanistan dan Pakistan, wilayah yang kemudian disebut sebagai "AfPak".

Perang melawan terorisme yang dilakukan oleh koalisi Barat tidak sampai di situ. Pada saat perang antara Hamas dan Israel meletus di tahun 2023, gerakan GWOT ini sempat diterjunkan untuk mengamankan pasukan Houthi yang melakukan pembajakan terhadap kapal Israel.

(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More