3 Dampak Iron Dome Israel Gagal Bendung Serangan Rudal Iran

Senin, 07 Oktober 2024 - 17:19 WIB
Sebelumnya, Baqeri juga mengatakan serangan rudal yang diluncurkan beberapa waktu lalu ke Israel ditujukan sebagai tanggapan atas banyaknya kejahatan Zionis. Sebut saja dari genosida di Gaza, pembunuhan Ismail Haniyeh serta Hassan Nasrallah, dan lain sebagainya.

3. Israel kaji ulang sistem pertahanan udaranya

Serangan rudal Iran membuktikan sekali lagi bahwa sistem pertahanan udara Israel yang sangat dibanggakan dan dikatakan sebagai “perisai rudal paling efektif dan paling teruji di dunia” jauh dari kata tidak bisa ditembus. Singkatnya, sistem pertahanan itu masih punya celah yang bisa dimanfaatkan oleh musuh Israel.

Mengutip TrtWorld, serangan Iran beberapa waktu lalu menjadi kali ketiga sistem pertahanan udara Israel kewalahan. Senjata canggih itu terbukti kesulitan menghancurkan rudal-rudal yang memasuki wilayah udaranya dalam cakupan banyak.

Pertama, serangan roket Hamas yang dahsyat dalam serangan mendadak pada 8 Oktober 2023 telah melumpuhkan sistem pertahanan udara Israel. Lalu, Iran juga sempat melancarkan serangan rudal terhadap Israel pada 15 April yang membuat sistem pertahanan udara Israel itu kewalahan.

Ditembus berulang kali akan membuat Israel mengkaji ulang sistem pertahanan udaranya. Sebagaimana diketahui, selama ini mereka punya sistem pertahanan udara tiga lapis.

Lapis pertama atau paling bawah adalah Iron Dome yang mampu mencegat roket jarak pendek dari permukaan ke permukaan dengan jangkauan hingga 70 kilometer. Lalu, ada juga David’s Sling serta Arrow.

Itulah sejumlah dampak Iron Dome Israel gagal membendung serangan rudal Iran.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More