Benarkah 3 Kota di Lebanon Sudah Diserang Invasi Darat Israel?

Rabu, 02 Oktober 2024 - 13:45 WIB
Di Suriah, media pemerintah melaporkan dugaan serangan Israel terhadap Damaskus mengakibatkan tiga orang tewas pada hari Selasa.

Apa Dampak yang Lebih Luas?



Pasukan Israel dan Hizbullah mulai saling tembak tahun lalu ketika kelompok itu meluncurkan roket untuk mendukung Gaza, yang dibombardir Israel menyusul serangan mendadak yang dipimpin Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Pada bulan-bulan berikutnya, konfrontasi meningkat, dan baku tembak ini memaksa lebih dari 100.000 orang di sisi perbatasan Lebanon meninggalkan rumah dan komunitas mereka sementara sekitar 60.000 warga Israel mengungsi di sisi lain.

Selama sebagian besar periode ini, pertempuran terbatas pada wilayah dekat perbatasan. Namun, hal itu berubah pada pertengahan September, ketika Israel mulai menggempur Beirut dan wilayah lain di Lebanon.

Dalam kurun waktu dua pekan, Israel membunuh sejumlah komandan Hizbullah dan akhirnya Nasrallah.

Israel juga meledakkan perangkat komunikasi elektronik yang menewaskan 39 orang dan melukai ribuan orang serta melancarkan operasi pengeboman besar-besaran yang mengakibatkan lebih dari 1.000 kematian di Lebanon, termasuk puluhan anak-anak.

(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More