Bagaimana AS Selalu Terlibat dalam Perang Israel Melawan Hamas dan Hizbullah?

Senin, 30 September 2024 - 20:20 WIB
Namun tantangan sebenarnya akan datang ketika Israel melancarkan perang darat melawan Lebanon. Masalahnya ada dua, menurut Magnier. Pertama, karena Israel tidak dapat melakukan serangan bom karpet ke Lebanon secara menyeluruh seperti yang dilakukannya di Gaza, Israel tidak akan dapat secara signifikan melemahkan kemampuan Hizbullah sebelum melakukan invasi sebagaimana yang dilakukannya terhadap Hamas sebelum meluncurkan operasi darat di Gaza. Kedua, pasukan darat dan artileri Hizbullah jauh lebih kuat daripada Hamas.

“Ingat, dalam [Perang Lebanon-Israel 2006] Hizbullah 100 kali lebih lemah daripada sekarang dan Israel gagal mencapai tujuannya,” kenang Magnier. “Tank-tank Israel terjebak di Radi Hezir dan mereka berteriak minta tolong dan orang-orang Israel berkata kepada komandan tank, menurut kesaksiannya, 'tunggu sampai kita mencapai gencatan senjata, kami tidak dapat membantu Anda sekarang. Bertahanlah dan temukan tempat berlindung bagi Anda untuk bersembunyi.'”

4. Menarik AS Terlibat Perang Langsung di Timur Tengah

Artinya, satu-satunya pilihan Netanyahu adalah menarik AS ke dalam perang.

Pada tahun 2006, Presiden AS saat itu George W. Bush menyebut perang Israel di Lebanon sebagai salah satu dari tiga “front perang global melawan teror” dan mengatakan tanggung jawab atas perang dan penderitaan yang diakibatkannya “terletak di tangan Hizbullah.”

Dalam konferensi pers yang mengumumkan gencatan senjata dalam konflik tersebut, Bush mengklaim Hizbullah tidak akan dapat lagi bertindak sebagai "negara dalam negara" dan akan digantikan di selatan oleh pasukan resmi pemerintah Lebanon. Lebih dari 18 tahun kemudian, Hizbullah tetap menjadi kekuatan militer yang dominan di Lebanon dan lebih kuat dari sebelumnya.

"Amerika Serikat tidak pernah berhenti mendukung Israel dan perang Israel. Jika Amerika ingin menghentikan perang ini, mereka akan memotong amunisi dan uang," jelas Magnier. "Sekarang, tidak diragukan lagi bahwa Amerika adalah mitra penuh Israel dalam setiap bom yang dijatuhkan pada warga sipil, Palestina atau Lebanon dan dalam setiap perang yang mereka lakukan."
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More