3 Keuntungan Rusia Jika Perang dengan Ukraina Berhenti, Salah Satunya Dominasi AS Runtuh

Senin, 23 September 2024 - 19:40 WIB
"Garis depan itu sangat panjang dan Ukraina harus mampu mempertahankan semuanya."

"Militer Ukraina akan kehilangan wilayah," kata Dr Watling. "Pertanyaannya adalah: seberapa banyak dan pusat populasi mana yang akan terpengaruh?" Sangat mungkin bahwa Staf Umum Rusia belum menentukan arah mana yang akan ditetapkan sebagai upaya utama mereka. Namun, secara umum, berbagai pilihan mereka dapat dibagi menjadi tiga lokasi yang luas.

"Kharkiv," kata Dr Watling, "jelas rentan."

Sebagai kota kedua Ukraina, yang terletak sangat dekat dengan perbatasan Rusia, Kharkiv merupakan tujuan yang menggoda untuk Moskow. Saat ini, Ukraina digempur setiap hari dengan serangan rudal Rusia, sementara Ukraina tidak mampu mengerahkan pertahanan udara yang memadai untuk menangkal serangan mematikan dari pesawat nirawak, rudal jelajah, dan rudal balistik yang diarahkan ke wilayahnya.

"Saya pikir serangan tahun ini akan menjadikan Donbas sebagai tujuan pertama," tambah Jenderal Barrons, "dan mata mereka akan tertuju pada Kharkiv yang berjarak sekitar 29 km [18 mil] dari perbatasan Rusia, sebuah hadiah utama."

Apakah Ukraina masih dapat berfungsi sebagai entitas yang layak jika Kharkiv jatuh? Ya, kata analis, tetapi itu akan menjadi pukulan telak bagi moral dan ekonominya.

Wilayah Ukraina timur yang secara kolektif dikenal sebagai Donbas telah berperang sejak 2014, ketika separatis yang didukung Moskow mendeklarasikan diri sebagai "republik rakyat". Pada tahun 2022, Rusia secara ilegal mencaplok dua oblast atau provinsi Donbas, Donetsk dan Luhansk. Di sinilah sebagian besar pertempuran di darat terjadi selama 18 bulan terakhir.

Ukraina, secara kontroversial, telah mengerahkan upaya yang sangat besar, baik dalam hal tenaga kerja maupun sumber daya, dalam upaya mempertahankan kota Bakhmut, dan kemudian Avdiivka.

Ukraina telah kehilangan keduanya, serta beberapa pasukan tempur terbaiknya, dalam upaya tersebut.

Kyiv telah membalas bahwa perlawanannya telah menimbulkan korban yang sangat tinggi di pihak Rusia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More