Partai Republik Identik Merah dan Demokrat Terkenal Biru, Mengapa Warna Sangat Penting dalam Pemilu AS?

Sabtu, 21 September 2024 - 14:05 WIB

6. Dipengaruhi Bush vs Al Gore



Foto/AP

Bush vs. Gore merupakan salah satu pertarungan paling ketat dan paling kontroversial dalam sejarah AS. Di tengah penghitungan ulang, litigasi, dan putusan Mahkamah Agung tentang hasil yang menentukan di Florida (25 suara Electoral College negara bagian akhirnya membawa Bush menang), pemilu berlangsung selama lebih dari sebulan. Peta menawarkan media cara yang sangat berharga untuk mengomunikasikan bagaimana persaingan telah berlangsung, secara nasional dan di Florida, di mana masing-masing daerah berada di ujung tanduk.

Menurut penelitian Washington Post terhadap surat kabar, majalah, dan transkrip berita TV sejak tahun 1980, penggunaan istilah "negara bagian merah" pertama yang tercatat di media terjadi pada segmen "Today Show" NBC yang ditayangkan seminggu sebelum para pemilih menuju tempat pemungutan suara pada tahun 2000. Namun, setelah pemilihan umum, "negara bagian merah" dan "negara bagian biru" menjadi begitu banyak dibicarakan sehingga menjadi bahasa sehari-hari.

Hal ini mungkin terjadi karena, tahun itu, dua publikasi berpengaruh telah memutuskan untuk menggunakan warna merah untuk Bush: The New York Times dan USA Today. Seorang editor grafis untuk publikasi sebelumnya mengatakan kepada majalah Smithsonian: "Saya baru saja memutuskan merah dimulai dengan 'r,' Republik dimulai dengan 'r.' Itu adalah asosiasi yang lebih alami."

Sementara itu, editor yang mendesain peta USA Today mengatakan kepada majalah itu bahwa dia "melakukannya... karena semua orang sudah melakukannya dengan cara itu pada saat itu," menambahkan bahwa "jika peta itu dibalik," pusat negara yang didominasi Republik akan membuat peta itu "terlalu gelap."

Apa pun itu, keputusan itu terbukti berpengaruh, menurut Keating Holland, direktur jajak pendapat dan analisis pemilu CNN dari tahun 1993 hingga 2014.

"Keyakinan kuat saya adalah bahwa titik balik di negara bagian merah/biru adalah peta nasional (yang) USA Today jalankan sehari setelah pemilihan pada tahun 2000, di mana — untuk alasan apa pun — merah adalah Republik dan biru adalah Demokrat,” katanya melalui email.



7. Warna Jadi Ideologis

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More