Kalah Perang dengan Hamas di Gaza, Israel Justru Perluas Operasi Militer dengan Lebanon

Minggu, 15 September 2024 - 14:29 WIB
Berbicara di sebuah peringatan di Beirut, Qassem mengatakan: "Kami tidak memiliki rencana untuk memulai perang karena kami tidak menganggapnya berguna, tetapi jika Israel melancarkan perang, kami akan menghadapinya dengan perang, dan kerugiannya akan signifikan bagi kami dan mereka," menurut Kantor Berita Nasional Lebanon.

Sementara itu, Hampir 120.000 warga Israel telah dievakuasi dari utara dan selatan sejak dimulainya serangan gencar terhadap Gaza. Mereka telah dipindahkan ke hotel-hotel di berbagai bagian Israel.

Ketegangan telah meningkat di sepanjang perbatasan Lebanon dengan Israel di tengah serangan lintas batas antara Hizbullah dan pasukan Israel saat Tel Aviv terus maju dengan serangan terhadap Gaza yang telah menewaskan lebih dari 41.100 korban sejak Oktober lalu menyusul serangan lintas batas oleh kelompok perlawanan Palestina, Hamas.

Tentara Israel pada hari Sabtu mengeluarkan perintah evakuasi baru bagi warga Palestina di sebagian besar wilayah Jalur Gaza utara, sebagai persiapan untuk menyerang wilayah tersebut dengan dalih roket Palestina yang ditembakkan ke Israel. “Kepada semua yang berada di lingkungan Al-Manshiyya, Sheikh Zayed, dan Beit Lahiya di Jalur Gaza utara, evakuasi rumah Anda,” kata Avichay Adraee, juru bicara militer, di X.

Perintah evakuasi baru dikeluarkan dengan dalih bahwa faksi bersenjata Palestina meluncurkan roket ke Israel, menurut militer.

Ia menegaskan bahwa "daerah yang ditunjuk dianggap sebagai zona pertempuran berbahaya, dan kami tegaskan bahwa evakuasi tidak mencakup fasilitas medis di daerah tersebut."

Sebelumnya pada hari itu, militer Israel mengatakan bahwa dua roket diluncurkan dari daerah kantong Palestina utara, dengan satu jatuh ke laut dan yang lainnya dicegat di dekat Ashkelon di Israel selatan, tanpa ada korban luka yang dilaporkan.

Meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, Israel terus melanjutkan serangan brutalnya di Gaza sejak serangan Hamas Oktober lalu.

Lebih dari 41.000 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, telah tewas dan lebih dari 95.000 orang terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Serangan Israel telah menyebabkan hampir seluruh penduduk wilayah tersebut mengungsi di tengah blokade yang terus berlanjut yang menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More