China Dilaporkan Mampu Lacak Jet Tempur Siluman F-22 dan F-35 AS dengan Starlink

Minggu, 15 September 2024 - 09:19 WIB
Dengan menganalisis gangguan kecil ini, para ilmuwan dapat menemukan dan memantau target yang diinginkan.

SpaceX dikenal memiliki jaringan satelit terluas di orbit Bumi rendah. Lebih dari 6.000 satelit dalam konstelasi besar yang dibuat oleh SpaceX ini telah menghasilkan sinyal radio frekuensi tinggi untuk memungkinkan kecepatan internet hingga 220 Mbps.

Laporan tersebut menyatakan bahwa ketika para ilmuwan dan insinyur Barat mengembangkan jet siluman AS beberapa tahun lalu, mereka tidak mengantisipasi bahwa jet tempur canggih ini dapat menjadi sasaran gangguan elektromagnetik menggunakan satelit.

SpaceX tidak menawarkan layanan kepada pengguna China, dan komunikasi Starlink dienkripsi. Namun, tim Yi menegaskan bahwa mereka dapat menggunakan komponen elektronik yang mudah diakses dan berbiaya rendah untuk merakit penerima Starlink.

Karena antena dipasang pada alas yang dapat dipindahkan, antena tersebut dapat melacak satelit di langit.

Pemeriksaan yang lebih cermat terhadap mekanisme fisik yang mendasarinya membuat Yi dan rekan-rekannya menulis ulang model deteksi radar hamburan maju dan membuat algoritma baru. Chip berkinerja tinggi tersebut memproses sinyal yang diterimanya, tetapi identitasnya masih belum diketahui.

Namun, ada kendala. Para peneliti mengamati bahwa pesawat nirawak yang digunakan dalam eksperimen tersebut beroperasi pada ketinggian yang relatif rendah, dan antena radarnya berukuran kecil, kira-kira setara dengan ukuran penggorengan standar. Oleh karena itu, teknologi yang disajikan dalam makalah tersebut tidak dapat digunakan secara langsung untuk keperluan militer pada tahap ini.

Yi dan rekan-rekannya menegaskan bahwa mereka telah mengidentifikasi sinyal yang terkait dengan karakteristik rumit, termasuk gerakan rotor pesawat nirawak. Pencapaian ini memvalidasi "kelayakan dan efektivitas" pendekatan dan arsitektur sistem mereka untuk digunakan dalam pesawat tempur siluman dan teknologi anti-pesawat nirawak.

Tekad China untuk Deteksi Pesawat Tempur Siluman



China telah berupaya mendeteksi pesawat siluman musuh, dan klaim tentang kemampuan itu telah muncul selama bertahun-tahun.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More