China Dilaporkan Mampu Lacak Jet Tempur Siluman F-22 dan F-35 AS dengan Starlink

Minggu, 15 September 2024 - 09:19 WIB
Misalnya, laporan dari tahun lalu menunjukkan bahwa para insinyur China telah membangun sistem pencarian dan pelacakan inframerah kecil yang dapat mendeteksi tanda panas pesawat bergerak berkecepatan tinggi pada jarak yang luar biasa jauh.

Seperti yang dicatat oleh EurAsian Times, sistem pencarian dan pelacakan inframerah (IRST) memainkan peran penting dalam mengidentifikasi pesawat siluman.

Pada tahun 2020, China mengklaim telah mengembangkan radar anti-siluman gelombang meter yang dapat mendeteksi siluman tingkat lanjut. "Radar gelombang meter dapat digunakan pada kendaraan, di darat, dan kapal perang, menciptakan jaringan padat yang membuat pesawat siluman musuh tidak memiliki tempat untuk bersembunyi," kata pakar militer China saat itu.

Laporan South China Morning Post (SCMP) menyatakan bahwa China telah meningkatkan kemampuan penyangkalan regionalnya dengan menggunakan berbagai teknik untuk mengidentifikasi pesawat siluman. Ini termasuk memasang radar over-the-horizon di sepanjang pantai yang memancarkan sinyal deteksi gelombang panjang yang tidak dapat dideteksi oleh lapisan siluman dan menggunakan konstelasi satelit observasi Bumi yang besar untuk mengidentifikasi dan melacak pesawat tempur siluman AS yang sedang terbang.

Tidak satu pun dari klaim ini dapat diverifikasi secara independen. Faktanya, para pakar dan kritikus militer yang berbicara dengan EurAsian Times sering mengungkapkan kecurigaan mereka tentang klaim China yang terlalu ambisius dan teoritis. Meskipun demikian, penggunaan Starlink terhadap Amerika Serikat tampaknya lebih menarik daripada semua klaim yang mendahuluinya.

Beijing yakin bahwa jika terjadi konflik di Indo-Pasifik, militer AS mungkin menggunakan jaringan satelit Starlink untuk memata-matai China. Kekhawatiran ini semakin meningkat setelah Ukraina mulai menggunakan satelit ini setelah invasi Rusia pada tahun 2022.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More