China Dilaporkan Mampu Lacak Jet Tempur Siluman F-22 dan F-35 AS dengan Starlink

Minggu, 15 September 2024 - 09:19 WIB
China dilaporkan mampu lacak jet tempur siluman F-22 dan F-35 AS dengan jaringan satelit Starlink milik Elon Musk. Foto/Lockheed Martin/Jonathan Case
BEIJING - China dilaporkan telah mampu melacak jet tempur siluman F-22 Raptor dan F-35 Lightning II Amerika Serikat (AS) dengan menggunakan jaringan satelit Starlink milik miliarder Elon Musk.

Mengutip EurAsian Times, Minggu (15/9/2024), laporan mereka berdasarkan eksperimen para ilmuwan China.

Beijing telah lama menyatakan kekhawatiran bahwa Washington dapat menggunakan jaringan satelit Starlink jika terjadi kemungkinan darurat di wilayah China. Namun, dengan eksperimen para ilmuwannya China dapat memanfaatkan balik Starlink untuk keuntungannya sendiri.



Sebagai bagian dari eksperimen tersebut, kelompok ilmuwan itu meluncurkan pesawat nirawak DJI Phantom 4 Pro di lepas pantai Guangdong. Pesawat nirawak itu kira-kira seukuran burung dan memiliki penampang radar yang mirip dengan pesawat tempur siluman.



Meskipun memiliki karakteristik siluman (anti-deteksi radar), target tersebut tiba-tiba muncul di layar meskipun radar berbasis darat tidak memancarkan gelombang radio yang akan menghasilkan gema.

Para ilmuwan menjelaskan bahwa hal ini dimungkinkan karena pesawat nirawak itu diterangi oleh radiasi elektromagnetik dari satelit Starlink yang melintasi Filipina.

Kemampuan ini, lanjut laporan tersebut, belum pernah ditunjukkan oleh negara lain mana pun.

Jika eksperimen semacam itu terbukti, China kemungkinan akan memperoleh keuntungan tempur yang belum pernah terjadi sebelumnya atas musuh dan saingannya, Amerika Serikat, yang memiliki persediaan pesawat tempur siluman yang cukup besar, seperti F-22 Raptor dan F-35 Lightning II, serta pesawat pengebom siluman.

Dalam konflik antara China dan Amerika Serikat, Washington kemungkinan akan berupaya menembus wilayah udara China menggunakan pesawat tempur siluman tak terdeteksi yang canggih.

Eksperimen para ilmuwan China tersebut dapat sangat mengikis keunggulan Amerika dalam hal teknologi siluman dan memungkinkan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) untuk menembak jatuh jet tempur AS, jika klaim tersebut terbukti.

Cara China Deteksi F-35 dengan Starlink



Laporan dari tim peneliti yang dipimpin oleh Profesor Yi Jianxin dari Sekolah Informasi Elektronik Universitas Wuhan menunjukkan bahwa pesawat siluman, seperti F-22 Raptor AS, menggunakan lapisan penyerap dan bentuk geometris tertentu untuk meminimalkan pantulan gelombang elektromagnetik, yang memungkinkan mereka menipu sistem radar.



Namun, Yi dan timnya menulis dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada tanggal 26 Agustus di Journal of Signal Processing bahwa jika stasiun radar menggunakan sinyal satelit Starlink yang kuat dan hampir universal, kemampuan deteksinya dapat "tidak terpengaruh oleh bentuk tiga dimensi dan material permukaan target."

“Ini akan memberikan keuntungan signifikan dalam mendeteksi target kecil dan siluman," kata tim tersebut.

Selain itu, saat beroperasi, posisi radar militer biasa terlihat oleh musuh, sehingga memungkinkan mereka menjadi target. Namun Yi dan rekan-rekannya menulis dalam jurnal tersebut bahwa, "dengan menggunakan sumber radiasi pihak ketiga, sistem radar dapat memiliki kemampuan penyembunyian dan anti-pengacauan yang ditingkatkan.”

Pusat Pemantauan Radio Negara milik pemerintah China mengawasi eksperimen tersebut, dan temuan tersebut menjalani tinjauan sejawat sebelum dirilis.

Tim ilmuwan China mengatakan bahwa pesawat itu dapat menyebarkan sebagian gelombang elektromagnetik yang disiarkan satelit komunikasi saat terbang di atas wilayah udara antara satelit dan antena darat. Ini pada dasarnya berarti bahwa gelombang ini, yang juga dikenal sebagai “hamburan maju”, dapat menghalangi sinyal komunikasi reguler.

Dengan menganalisis gangguan kecil ini, para ilmuwan dapat menemukan dan memantau target yang diinginkan.

SpaceX dikenal memiliki jaringan satelit terluas di orbit Bumi rendah. Lebih dari 6.000 satelit dalam konstelasi besar yang dibuat oleh SpaceX ini telah menghasilkan sinyal radio frekuensi tinggi untuk memungkinkan kecepatan internet hingga 220 Mbps.

Laporan tersebut menyatakan bahwa ketika para ilmuwan dan insinyur Barat mengembangkan jet siluman AS beberapa tahun lalu, mereka tidak mengantisipasi bahwa jet tempur canggih ini dapat menjadi sasaran gangguan elektromagnetik menggunakan satelit.

SpaceX tidak menawarkan layanan kepada pengguna China, dan komunikasi Starlink dienkripsi. Namun, tim Yi menegaskan bahwa mereka dapat menggunakan komponen elektronik yang mudah diakses dan berbiaya rendah untuk merakit penerima Starlink.

Karena antena dipasang pada alas yang dapat dipindahkan, antena tersebut dapat melacak satelit di langit.

Pemeriksaan yang lebih cermat terhadap mekanisme fisik yang mendasarinya membuat Yi dan rekan-rekannya menulis ulang model deteksi radar hamburan maju dan membuat algoritma baru. Chip berkinerja tinggi tersebut memproses sinyal yang diterimanya, tetapi identitasnya masih belum diketahui.

Namun, ada kendala. Para peneliti mengamati bahwa pesawat nirawak yang digunakan dalam eksperimen tersebut beroperasi pada ketinggian yang relatif rendah, dan antena radarnya berukuran kecil, kira-kira setara dengan ukuran penggorengan standar. Oleh karena itu, teknologi yang disajikan dalam makalah tersebut tidak dapat digunakan secara langsung untuk keperluan militer pada tahap ini.

Yi dan rekan-rekannya menegaskan bahwa mereka telah mengidentifikasi sinyal yang terkait dengan karakteristik rumit, termasuk gerakan rotor pesawat nirawak. Pencapaian ini memvalidasi "kelayakan dan efektivitas" pendekatan dan arsitektur sistem mereka untuk digunakan dalam pesawat tempur siluman dan teknologi anti-pesawat nirawak.

Tekad China untuk Deteksi Pesawat Tempur Siluman



China telah berupaya mendeteksi pesawat siluman musuh, dan klaim tentang kemampuan itu telah muncul selama bertahun-tahun.

Misalnya, laporan dari tahun lalu menunjukkan bahwa para insinyur China telah membangun sistem pencarian dan pelacakan inframerah kecil yang dapat mendeteksi tanda panas pesawat bergerak berkecepatan tinggi pada jarak yang luar biasa jauh.

Seperti yang dicatat oleh EurAsian Times, sistem pencarian dan pelacakan inframerah (IRST) memainkan peran penting dalam mengidentifikasi pesawat siluman.

Pada tahun 2020, China mengklaim telah mengembangkan radar anti-siluman gelombang meter yang dapat mendeteksi siluman tingkat lanjut. "Radar gelombang meter dapat digunakan pada kendaraan, di darat, dan kapal perang, menciptakan jaringan padat yang membuat pesawat siluman musuh tidak memiliki tempat untuk bersembunyi," kata pakar militer China saat itu.

Laporan South China Morning Post (SCMP) menyatakan bahwa China telah meningkatkan kemampuan penyangkalan regionalnya dengan menggunakan berbagai teknik untuk mengidentifikasi pesawat siluman. Ini termasuk memasang radar over-the-horizon di sepanjang pantai yang memancarkan sinyal deteksi gelombang panjang yang tidak dapat dideteksi oleh lapisan siluman dan menggunakan konstelasi satelit observasi Bumi yang besar untuk mengidentifikasi dan melacak pesawat tempur siluman AS yang sedang terbang.

Tidak satu pun dari klaim ini dapat diverifikasi secara independen. Faktanya, para pakar dan kritikus militer yang berbicara dengan EurAsian Times sering mengungkapkan kecurigaan mereka tentang klaim China yang terlalu ambisius dan teoritis. Meskipun demikian, penggunaan Starlink terhadap Amerika Serikat tampaknya lebih menarik daripada semua klaim yang mendahuluinya.

Beijing yakin bahwa jika terjadi konflik di Indo-Pasifik, militer AS mungkin menggunakan jaringan satelit Starlink untuk memata-matai China. Kekhawatiran ini semakin meningkat setelah Ukraina mulai menggunakan satelit ini setelah invasi Rusia pada tahun 2022.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More