5 Fakta Menarik Militer Suriah di Negara yang Penuh dengan Konflik dan Kudeta

Kamis, 12 September 2024 - 17:45 WIB
Suriah dan militernya menjadi salah satu negara yang tidak pernah berdamai dengan Israel. Konflik keduanya dimulai pada tahun 1948 ketika Angkatan Bersenjata Suriah bertempur dalam Perang Arab-Israel.

Kebencian Suriah pada Israel semakin mendalam ketika di tahun 1967, Negeri Yahudi yang memenangkan Perang Enam Hari menghadapi Mesir dan Suriah sukses merebut Dataran Tinggi Golan dari Damaskus.

Untuk merebut daerahnya itu, Suriah melancarkan Pada Perang Yom Kippur tahun 1973. Namun, mereka bersama koalisi negara Arab kembali dikalahkan.

Hingga saat ini permusuhan keduanya masih belum terselesaikan. Bahkan Israel terkadang tidak ragu untuk menyerang Suriah yang dicurigai sebagai markas utama milisi Syiah asal Iran.

Serangan Israel ke Suriah yang terbaru terjadi pada 8 September 2024 kemarin, dimana serangan udara tersebut dilaporkan setidaknya menewaskan 18 orang dan melukai puluhan lainnya.

3. Kerap Terlibat Kudeta Militer



Suriah sempat mengalami serangkaian kudeta militer antara 1948 dan 1967. Kudeta dimulai pada bulan Maret 1949, dimana Jenderal Husni al-Za'im mengangkat dirinya sendiri sebagai presiden.

Kemudian di tahun 1949, Jenderal Adib Shishakli kemudian memegang kekuasaan sampai digulingkan dalam kudeta Suriah 1954.

Pada tahun 1963, Komite Militer Komando Regional Suriah dari Partai Ba'ath Sosialis Arab menghabiskan sebagian besar waktunya untuk merencanakan perebutan kekuasaan melalui kudeta militer konvensional.

Konflik terkait kudeta militer terbaru terjadi sekitar kurang lebih satu dekade lalu, ketika munculnya perang saudara di Suriah dikarenakan protes terhadap rezim Presiden Assad pada tahun 2011. Pada saat itu militer Suriah tanpa ragu membunuh para pengunjuk rasa tak bersenjata.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More