Rusia Gelar Latihan Angkatan Laut Terbesar dalam Sejarah Modern Mereka

Rabu, 11 September 2024 - 06:09 WIB
Dia menjelaskan, “Kerja sama tersebut menjadi sangat penting di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik."

Putin memperingatkan Washington "berusaha mempertahankan dominasi militer dan politik globalnya dengan cara apa pun."

Menurut Putin, AS menggunakan Ukraina dalam upaya untuk mengalahkan Moskow secara strategis, tetapi Amerika dan "satelitnya" juga telah membangun kehadiran militer di Eropa, Arktik, dan Pasifik dengan dalih "mengekang" Rusia dan China.

Menurut Putin, Washington dan sekutunya secara terbuka berbicara tentang rencana mereka untuk menyebarkan rudal jarak pendek dan menengah ke pulau-pulau di Pasifik Barat dan ke beberapa negara yang terletak di kawasan tersebut.

“AS berupaya memperoleh keuntungan militer yang cukup besar melalui tindakan agresifnya dan dengan demikian merusak arsitektur keamanan dan keseimbangan kekuatan yang ada,” ujar pemimpin Rusia itu memperingatkan, seraya menambahkan tindakan tersebut “memicu perlombaan senjata.”

“Rusia harus siap menghadapi skenario potensial apa pun,” tegas Putin, seraya menambahkan angkatan bersenjata harus memberikan keamanan yang andal bagi kedaulatan Rusia dan kepentingan nasionalnya.

Kementerian Pertahanan Rusia telah menerbitkan beberapa video latihan Ocean-2024. Klip tersebut menampilkan rudal jelajah ‘Oniks’ dan ‘Uran’ yang diluncurkan dari sistem rudal pesisir bergerak ‘Bastion’ dan ‘Bal’.

Rudal supersonik Oniks mampu mengenai target pada jarak hingga 800 kilometer dan dapat melaju hampir tiga kali kecepatan suara.

(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More