4 Alasan Palestina Akan Segera Merdeka, Salah Satunya Kemenangan Hamas di Perang Gaza

Rabu, 04 September 2024 - 16:56 WIB

2. Kembali dengan Rencana PBB 1947?



Foto/AP

Rencana pembagian wilayah PBB pada tahun 1947 menyerukan pembentukan negara Yahudi di samping negara Palestina, tetapi Palestina dan dunia Arab yang lebih luas menolaknya karena rencana itu akan memberi mereka kurang dari setengah wilayah meskipun Palestina merupakan dua pertiga dari populasi.

Perang Arab-Israel tahun berikutnya membuat Israel memiliki lebih banyak wilayah, Yordania menguasai Tepi Barat dan Yerusalem timur, dan Mesir menguasai Gaza.

Dalam perang tahun 1967, Israel merebut ketiga wilayah tersebut, dan perundingan perdamaian selama beberapa dekade yang kadang gagal.

Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara Barat lainnya telah mendukung gagasan negara Palestina yang merdeka yang berdiri di samping Israel sebagai solusi atas konflik paling pelik di Timur Tengah, tetapi mereka bersikeras bahwa negara Palestina harus menjadi bagian dari penyelesaian yang dinegosiasikan. Tidak ada negosiasi substantif sejak 2009.

Meskipun negara-negara Uni Eropa dan Norwegia tidak akan mengakui negara yang sudah ada, hanya kemungkinan untuk mengakuinya, simbolisme tersebut membantu meningkatkan posisi internasional Palestina dan memberikan lebih banyak tekanan pada Israel untuk membuka negosiasi guna mengakhiri perang.

3. Sudah 140 Negara Mengakui Palestina sebagai Negara Merdeka



Foto/AP

Sekitar 140 negara telah mengakui seorang , lebih dari dua pertiga dari keanggotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More