Terungkap, di Sini Lokasi Rudal Nuklir 9M370 Burevestnik Rusia yang Tak Terkalahkan

Selasa, 03 September 2024 - 10:11 WIB
Pengerahan Burevestnik tidak dilarang oleh New START, perjanjian terakhir AS-Rusia yang membatasi penyebaran senjata nuklir strategis, yang berakhir pada Februari 2026.

Sebuah ketentuan memungkinkan Washington untuk meminta negosiasi dengan Moskow untuk memasukkan Burevestnik di bawah batasan tersebut tetapi seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan tidak ada pembicaraan semacam itu yang diupayakan.

Mengutip perang di Ukraina, Rusia telah menolak seruan AS untuk perundingan tanpa syarat guna mengganti New START, yang memicu kekhawatiran akan perlombaan senjata nuklir habis-habisan saat perjanjian itu berakhir.

Podvig mengatakan Moskow mungkin akan menggunakan rudal itu sebagai alat tawar-menawar jika perundingan dilanjutkan kembali.

Dia menyebut Burevestnik sebagai "senjata politik" yang digunakan Putin untuk memperkuat citranya sebagai pemimpin yang kuat sebelum pemilihannya kembali pada tahun 2018 dan untuk memberi tahu Washington bahwa mereka tidak dapat mengabaikan kekhawatirannya atas pertahanan rudal AS dan masalah lainnya.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More