Terungkap, di Sini Lokasi Rudal Nuklir 9M370 Burevestnik Rusia yang Tak Terkalahkan

Selasa, 03 September 2024 - 10:11 WIB
"Lokasi tersebut untuk sistem rudal besar dan tetap dan satu-satunya sistem rudal besar dan tetap yang saat ini mereka (Rusia) kembangkan adalah Skyfall," kata Eveleth, seperti dikutip Reuters, Selasa (3/9/2024).

Kementerian Pertahanan Rusia dan Kedutaan Besar AS di Moskow tidak menanggapi permintaan untuk mengomentari penilaiannya, nilai strategis Burevestnik, catatan pengujiannya, dan risiko yang ditimbulkannya.

Seorang juru bicara Kremlin mengatakan bahwa ini adalah pertanyaan untuk Kementerian Pertahanan dan menolak berkomentar lebih lanjut.

Departemen Luar Negeri AS, CIA, Kantor Direktur Intelijen Nasional, dan Pusat Intelijen Udara dan Antariksa Nasional Angkatan Udara AS menolak berkomentar.

Identifikasi lokasi peluncuran rudal yang mungkin menunjukkan bahwa Rusia melanjutkan penyebarannya setelah serangkaian pengujian dalam beberapa tahun terakhir yang dirusak oleh masalah, kata Eveleth dan peneliti kedua, Jeffery Lewis, dari Middlebury Institute of International Studies di Monterey.

Lewis setuju dengan penilaian Eveleth setelah meninjau citra satelit tersebut atas permintaannya.

"Citra tersebut menunjukkan sesuatu yang sangat unik, sangat berbeda. Dan jelas, kita tahu bahwa Rusia sedang mengembangkan rudal bertenaga nuklir ini," katanya.



Hans Kristensen dari Federasi Ilmuwan Amerika, yang juga mempelajari citra Vologda atas permintaan Eveleth, mengatakan bahwa citra tersebut tampaknya memperlihatkan landasan peluncuran dan fitur lain yang mungkin terkait dengan Burevestnik. Namun, dia mengatakan tidak dapat membuat penilaian pasti karena Moskow biasanya tidak menempatkan peluncur rudal di samping tempat penyimpanan hulu ledak nuklir.

Eveleth, Lewis, Kristensen, dan tiga pakar lainnya mengatakan praktik normal Moskow adalah menimbun muatan nuklir untuk rudal berbasis darat yang jauh dari lokasi peluncuran—kecuali untuk rudal yang ditempatkan di pasukan Rudal Balistik Antarbenua (ICBM).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More