Terungkap, di Sini Lokasi Rudal Nuklir 9M370 Burevestnik Rusia yang Tak Terkalahkan

Selasa, 03 September 2024 - 10:11 WIB
Para peneliti AS temukan lokasi yang diyakini sebagai situs peluncuran rudal nuklir 9M370 Burevestnik Rusia. Senjata tersebut diklaim Rusia sebagai rudal tak terkalahkan. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia via TASS
MOSKOW - Dua peneliti Amerika Serikat (AS) telah mengidentifikasi kemungkinan lokasi penempatan 9M370 Burevestnik, rudal jelajah bertenaga nuklir baru Rusia.

Misil itu telah digembar-gemborkan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai rudal yang tak terkalahkan.

Putin mengatakan senjata itu—yang dinamai SSC-X-9 Skyfall oleh NATO—memiliki jangkauan yang hampir tak terbatas dan dapat menghindari pertahanan rudal AS.



Namun, beberapa pakar Barat menepis klaim tersebut dan nilai strategis Burevestnik, dengan mengatakan bahwa rudal itu tidak akan menambah kemampuan yang belum dimiliki Moskow dan berisiko menimbulkan kecelakaan yang mengeluarkan radiasi.



Dengan menggunakan gambar yang diambil pada 26 Juli oleh Planet Labs, sebuah perusahaan satelit komersial, kedua peneliti AS mengidentifikasi sebuah proyek konstruksi yang berbatasan dengan fasilitas penyimpanan hulu ledak nuklir yang dikenal dengan dua nama—Vologda-20 dan Chebsara—sebagai lokasi potensial penyebaran rudal baru tersebut. Fasilitas tersebut berada 295 mil (475 km) di utara Moskow.

Decker Eveleth, seorang analis dari organisasi penelitian dan analisis Center for Naval Analyses (CNA), menemukan citra satelit dan mengidentifikasi apa yang menurutnya merupakan sembilan landasan peluncuran horizontal yang sedang dibangun.

Mereka, kata Eveleth, ditempatkan dalam tiga kelompok di dalam tanggul tinggi untuk melindungi mereka dari serangan atau untuk mencegah ledakan yang tidak disengaja di satu tempat agar tidak meledakkan rudal di tempat lain.

Tanggul-tanggul tersebut dihubungkan oleh jalan ke tempat yang menurut kesimpulan Eveleth kemungkinan merupakan bangunan tempat rudal dan komponennya akan diservis, dan ke kompleks lima bunker penyimpanan hulu ledak nuklir yang ada.

"Lokasi tersebut untuk sistem rudal besar dan tetap dan satu-satunya sistem rudal besar dan tetap yang saat ini mereka (Rusia) kembangkan adalah Skyfall," kata Eveleth, seperti dikutip Reuters, Selasa (3/9/2024).

Kementerian Pertahanan Rusia dan Kedutaan Besar AS di Moskow tidak menanggapi permintaan untuk mengomentari penilaiannya, nilai strategis Burevestnik, catatan pengujiannya, dan risiko yang ditimbulkannya.

Seorang juru bicara Kremlin mengatakan bahwa ini adalah pertanyaan untuk Kementerian Pertahanan dan menolak berkomentar lebih lanjut.

Departemen Luar Negeri AS, CIA, Kantor Direktur Intelijen Nasional, dan Pusat Intelijen Udara dan Antariksa Nasional Angkatan Udara AS menolak berkomentar.

Identifikasi lokasi peluncuran rudal yang mungkin menunjukkan bahwa Rusia melanjutkan penyebarannya setelah serangkaian pengujian dalam beberapa tahun terakhir yang dirusak oleh masalah, kata Eveleth dan peneliti kedua, Jeffery Lewis, dari Middlebury Institute of International Studies di Monterey.

Lewis setuju dengan penilaian Eveleth setelah meninjau citra satelit tersebut atas permintaannya.

"Citra tersebut menunjukkan sesuatu yang sangat unik, sangat berbeda. Dan jelas, kita tahu bahwa Rusia sedang mengembangkan rudal bertenaga nuklir ini," katanya.



Hans Kristensen dari Federasi Ilmuwan Amerika, yang juga mempelajari citra Vologda atas permintaan Eveleth, mengatakan bahwa citra tersebut tampaknya memperlihatkan landasan peluncuran dan fitur lain yang mungkin terkait dengan Burevestnik. Namun, dia mengatakan tidak dapat membuat penilaian pasti karena Moskow biasanya tidak menempatkan peluncur rudal di samping tempat penyimpanan hulu ledak nuklir.

Eveleth, Lewis, Kristensen, dan tiga pakar lainnya mengatakan praktik normal Moskow adalah menimbun muatan nuklir untuk rudal berbasis darat yang jauh dari lokasi peluncuran—kecuali untuk rudal yang ditempatkan di pasukan Rudal Balistik Antarbenua (ICBM).

Namun, menempatkan Burevestnik di Vologda akan memungkinkan militer Rusia untuk menimbun rudal bersenjata nuklir di bunkernya, sehingga rudal tersebut dapat diluncurkan dengan cepat, kata Lewis dan Eveleth.

Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov mengatakan Rusia akan membuat perubahan pada doktrinnya tentang penggunaan senjata nuklir sebagai tanggapan atas apa yang dianggapnya sebagai eskalasi Barat dalam perang di Ukraina, tulis kantor berita TASS dalam laporannya pada hari Minggu.

Uji Coba Rudal 9M370 Burevestnik Mengerikan



Laporan tahun 2020 oleh Pusat Intelijen Udara dan Antariksa Nasional Angkatan Udara Amerika Serikat mengatakan bahwa jika Rusia berhasil membawa Burevestnik ke dalam layanan tempur, itu akan memberi Moskow "senjata unik dengan kemampuan jangkauan antarbenua".

Namun, sejarah senjata yang bermasalah dan keterbatasan desain menimbulkan keraguan di antara delapan ahli yang diwawancarai oleh Reuters tentang apakah penyebarannya akan mengubah taruhan nuklir bagi Barat dan musuh Rusia lainnya.

Burevestnik memiliki catatan uji yang buruk dari sedikitnya 13 uji yang diketahui, dengan hanya dua keberhasilan parsial, sejak 2016, menurut Nuclear Threat Initiative (NTI), sebuah kelompok advokasi yang berfokus pada pengurangan risiko nuklir, biologi, dan teknologi yang muncul.

Kemunduran tersebut termasuk ledakan pada tahun 2019 selama pemulihan reaktor nuklir yang tidak terlindung yang dibiarkan membara di dasar Laut Putih selama satu tahun setelah sebuah prototipe jatuh, menurut laporan Departemen Luar Negeri AS.

Badan nuklir negara Rusia; Rosatom, mengatakan lima anggota staf tewas selama pengujian rudal tersebut pada 8 Agustus.

Putin memberikan penghargaan negara tertinggi kepada janda mereka, dengan mengatakan senjata yang mereka kembangkan tidak ada bandingannya di dunia, tanpa menyebut Burevestnik.

Pavel Podvig, pakar kekuatan nuklir Rusia yang berbasis di Jenewa, Lewis, Eveleth, dan pakar lainnya mengatakan bahwa misil itu tidak akan menambah kemampuan yang tidak dimiliki kekuatan nuklir Moskow, termasuk kemampuan untuk mengalahkan pertahanan rudal AS.

Selain itu, mesin bertenaga nuklirnya mengancam akan melepaskan radiasi di sepanjang jalur penerbangannya dan penyebarannya berisiko menimbulkan kecelakaan yang dapat mencemari wilayah sekitarnya, kata Cheryl Rofer, mantan ilmuwan senjata nuklir AS dan pakar lainnya.

"Skyfall adalah sistem senjata yang sangat bodoh, seperti Chernobyl yang terbang dan menimbulkan ancaman yang lebih besar bagi Rusia daripada bagi negara lain," kata Thomas Countryman, mantan pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS yang aktif di Arms Control Association, merujuk pada bencana pembangkit listrik tenaga nuklir tahun 1986.

NATO tidak menanggapi pertanyaan tentang bagaimana aliansi akan menanggapi penyebaran senjata tersebut.

Sedikit yang diketahui publik tentang detail teknis Burevestnik.

Para ahli menilai bahwa rudal tersebut akan diluncurkan ke udara oleh roket berbahan bakar padat kecil untuk mendorong udara ke dalam mesin yang berisi reaktor nuklir mini. Udara yang sangat panas dan mungkin radioaktif akan diledakkan keluar, sehingga menghasilkan daya dorong ke depan.

Putin meluncurkannya pada bulan Maret 2018, dengan mengatakan rudal tersebut akan "terbang rendah", dengan jangkauan yang hampir tak terbatas, jalur penerbangan yang tidak dapat diprediksi, dan "tak terkalahkan" bagi pertahanan saat ini dan masa depan.

Banyak ahli yang skeptis dengan klaim Putin.

Burevestnik, kata mereka, dapat memiliki jangkauan sekitar 15.000 mil (23.000 km)—dibandingkan dengan lebih dari 11.000 mil (17.700 km) untuk Sarmat, ICBM terbaru Rusia—sementara kecepatan subsoniknya akan membuatnya dapat dideteksi.

"Itu akan menjadi rentan seperti rudal jelajah mana pun," kata Kristensen.

"Semakin lama terbang, semakin rentan jadinya karena ada lebih banyak waktu untuk melacaknya. Saya tidak mengerti motif Putin di sini."

Pengerahan Burevestnik tidak dilarang oleh New START, perjanjian terakhir AS-Rusia yang membatasi penyebaran senjata nuklir strategis, yang berakhir pada Februari 2026.

Sebuah ketentuan memungkinkan Washington untuk meminta negosiasi dengan Moskow untuk memasukkan Burevestnik di bawah batasan tersebut tetapi seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan tidak ada pembicaraan semacam itu yang diupayakan.

Mengutip perang di Ukraina, Rusia telah menolak seruan AS untuk perundingan tanpa syarat guna mengganti New START, yang memicu kekhawatiran akan perlombaan senjata nuklir habis-habisan saat perjanjian itu berakhir.

Podvig mengatakan Moskow mungkin akan menggunakan rudal itu sebagai alat tawar-menawar jika perundingan dilanjutkan kembali.

Dia menyebut Burevestnik sebagai "senjata politik" yang digunakan Putin untuk memperkuat citranya sebagai pemimpin yang kuat sebelum pemilihannya kembali pada tahun 2018 dan untuk memberi tahu Washington bahwa mereka tidak dapat mengabaikan kekhawatirannya atas pertahanan rudal AS dan masalah lainnya.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More