Terungkap, di Sini Lokasi Rudal Nuklir 9M370 Burevestnik Rusia yang Tak Terkalahkan

Selasa, 03 September 2024 - 10:11 WIB
Selain itu, mesin bertenaga nuklirnya mengancam akan melepaskan radiasi di sepanjang jalur penerbangannya dan penyebarannya berisiko menimbulkan kecelakaan yang dapat mencemari wilayah sekitarnya, kata Cheryl Rofer, mantan ilmuwan senjata nuklir AS dan pakar lainnya.

"Skyfall adalah sistem senjata yang sangat bodoh, seperti Chernobyl yang terbang dan menimbulkan ancaman yang lebih besar bagi Rusia daripada bagi negara lain," kata Thomas Countryman, mantan pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS yang aktif di Arms Control Association, merujuk pada bencana pembangkit listrik tenaga nuklir tahun 1986.

NATO tidak menanggapi pertanyaan tentang bagaimana aliansi akan menanggapi penyebaran senjata tersebut.

Sedikit yang diketahui publik tentang detail teknis Burevestnik.

Para ahli menilai bahwa rudal tersebut akan diluncurkan ke udara oleh roket berbahan bakar padat kecil untuk mendorong udara ke dalam mesin yang berisi reaktor nuklir mini. Udara yang sangat panas dan mungkin radioaktif akan diledakkan keluar, sehingga menghasilkan daya dorong ke depan.

Putin meluncurkannya pada bulan Maret 2018, dengan mengatakan rudal tersebut akan "terbang rendah", dengan jangkauan yang hampir tak terbatas, jalur penerbangan yang tidak dapat diprediksi, dan "tak terkalahkan" bagi pertahanan saat ini dan masa depan.

Banyak ahli yang skeptis dengan klaim Putin.

Burevestnik, kata mereka, dapat memiliki jangkauan sekitar 15.000 mil (23.000 km)—dibandingkan dengan lebih dari 11.000 mil (17.700 km) untuk Sarmat, ICBM terbaru Rusia—sementara kecepatan subsoniknya akan membuatnya dapat dideteksi.

"Itu akan menjadi rentan seperti rudal jelajah mana pun," kata Kristensen.

"Semakin lama terbang, semakin rentan jadinya karena ada lebih banyak waktu untuk melacaknya. Saya tidak mengerti motif Putin di sini."
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More