AS Bakal Pasok Rudal Canggih JASSM sebagai Senjata F-16 Ukraina untuk Melawan Rusia

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 07:48 WIB
Daftar perangkat keras yang sebelumnya terlarang itu pernah mencakup F-16, bersama dengan tank Abrams dan sistem pertahanan udara Patriot.

Sementara Ukraina telah memiliki rudal yang diluncurkan dari udara dan darat yang disediakan oleh AS, Inggris, dan Prancis yang dapat mencapai hampir 200 mil dari titik peluncurannya, Kyiv telah menekan AS selama berbulan-bulan agar memasok JASSM.

Sejumlah negara Barat telah berjanji untuk menyediakan lebih dari 80 unit jet tempur F-16 untuk Ukraina.

Presiden Volodymyr Zelensky mengonfirmasi awal bulan ini bahwa gelombang pertama jet buatan Amerika itu telah tiba di Ukraina dan telah diterbangkan oleh pilot Kyiv.

"Saat kami mendatangkan F-16, yang penting bukan hanya pesawatnya, tetapi juga pelatihan pilot, pelatihan teknisi—tetapi juga memastikan kami memiliki persenjataan yang sesuai," kata Ketua Kepala Staf Gabungan AS Charles Q Brown kepada Politico.

"Itulah dialog yang kami lakukan, tidak hanya untuk mendapatkan pesawat tetapi juga untuk membuatnya berkemampuan penuh."

Zelensky telah mengakui bahwa Ukraina tidak memiliki cukup pilot untuk menerbangkan semua jet yang dijanjikan oleh Barat, tetapi mengatakan: "Banyak orang sekarang sedang berlatih."

Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperingatkan bahwa pangkalan mana pun yang menampung F-16 Ukraina akan menjadi target yang sah bagi militer Rusia.

Kremlin sebelumnya menyatakan bahwa tidak ada perangkat keras Barat yang akan memenangkan Ukraina dalam konflik.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More