Wabah Monkeypox Dinyatakan sebagai Darurat Kesehatan Global, Menyebar di 13 Negara

Kamis, 15 Agustus 2024 - 08:28 WIB
Di Pantai Gading dan Afrika Selatan, otoritas kesehatan telah melaporkan wabah versi mpox yang berbeda dan kurang berbahaya yang menyebar ke seluruh dunia pada tahun 2022.

Awal tahun ini, para ilmuwan melaporkan munculnya bentuk baru dari bentuk mpox yang lebih mematikan, yang dapat membunuh hingga 10% orang, di kota pertambangan Kongo yang mereka khawatirkan dapat menyebar lebih mudah.

Mpox sebagian besar menyebar melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, termasuk melalui hubungan seks.

Tidak seperti wabah mpox sebelumnya, di mana lesi sebagian besar terlihat di dada, tangan, dan kaki, bentuk baru ini menyebabkan gejala dan lesi yang lebih ringan pada alat kelamin. Itu membuatnya lebih sulit untuk dideteksi, yang berarti orang mungkin juga menularkan penyakit kepada orang lain tanpa mengetahui bahwa mereka terinfeksi.

Sebelum wabah tahun 2022, penyakit ini sebagian besar terlihat dalam wabah sporadis di Afrika Tengah dan Barat ketika orang-orang melakukan kontak dekat dengan hewan liar yang terinfeksi.

Negara-negara Barat selama wabah tahun 2022 sebagian besar menghentikan penyebaran mpox dengan bantuan vaksin dan perawatan, tetapi sangat sedikit yang tersedia di Afrika.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More