6 Gerakan Mahasiswa yang Membawa Perubahan Radikal, dari Revolusi Gen Z hingga Kent State

Kamis, 15 Agustus 2024 - 13:45 WIB
Penggantinya, Ranil Wickremesinghe, dalam salah satu langkah pertamanya sebagai presiden baru mengusir para pengunjuk rasa dari gedung-gedung pemerintah yang diduduki dan menutup kamp mereka, membongkar tenda-tenda mereka di tengah malam.

Situasi telah tenang sejak saat itu, dan Wickremesinghe telah mampu mengatasi kekurangan makanan, bahan bakar, dan obat-obatan serta memulihkan listrik.

Namun, keluhan terus berlanjut tentang kenaikan pajak dan tagihan listrik yang merupakan bagian dari upaya pemerintah baru untuk memenuhi persyaratan pinjaman Dana Moneter Internasional. Putra mantan Perdana Menteri Rajapaksa, Namal Rajapaksa, akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden September ini.

3. Pemberontakan Politeknik Athena di Yunani



Foto/AP

Pada bulan November 1973, mahasiswa di Universitas Politeknik Athena bangkit melawan junta militer yang memerintah Yunani dengan tangan besi selama lebih dari enam tahun.

Perwira militer merebut kekuasaan dalam kudeta tahun 1967, mendirikan kediktatoran yang ditandai dengan penangkapan, pengasingan, dan penyiksaan terhadap lawan-lawan politiknya.

Kebrutalan dan aturan garis keras rezim tersebut menimbulkan pertentangan yang semakin besar, khususnya di kalangan mahasiswa, yang berpuncak pada pemberontakan November.

Pada 17 November, militer menghancurkan pemberontakan tersebut ketika sebuah tank menghancurkan gerbang universitas pada dini hari, menewaskan beberapa mahasiswa. Jumlah korban tewas masih diperdebatkan, tetapi pada saat itu rezim telah mengumumkan 15 orang tewas.

Beberapa hari setelah pemberontakan, seorang perwira militer lainnya melancarkan kudeta dan menerapkan rezim yang lebih keras. Namun, kudeta itu tidak berlangsung lama, setelah serangkaian peristiwa menyebabkan kembalinya demokrasi di Yunani, tempat kelahirannya, pada tahun 1974.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More