Israel Kobarkan Perang Sonik di Lebanon, Berikut 5 Dampaknya

Senin, 12 Agustus 2024 - 10:10 WIB
“Kami semua memeriksa berita untuk melihat apakah itu ledakan atau bukan,” kata Farhat, 28 tahun, sambil menghisap shisha di sebuah kafe di Beirut pada Kamis malam. “Ada anak-anak kecil di restoran itu dan mereka jelas ketakutan. Mereka tidak mengerti apa arti suara-suara seperti itu.”



4. Menimbulkan Trauma yang Berulang

Deru jet tempur dan suara-suara seperti ledakan lainnya dapat menimbulkan trauma kembali pada populasi yang telah selamat dari ledakan dan perang sebelumnya, kata Abu Hamdan.

Dalam jangka panjang, suara jet dan ledakan yang berulang bahkan dapat meningkatkan risiko stroke dan menguras simpanan kalsium di jantung, menurut penelitian medis yang dikutipnya.

“Begitu Anda terpapar suara [jet atau ledakan] yang telah menimbulkan ketakutan seperti yang terjadi di negara ini, maka kapan pun Anda mendengarnya – bahkan dengan pelan – itu akan menimbulkan respons stres yang sama [pada seseorang],” jelas Abu Hamdan.

Kaylough mengatakan bahwa ledakan sonik yang didengarnya pada hari Selasa minggu ini membawanya kembali ke ledakan pelabuhan Beirut. Hari itu, ia sedang bekerja di sebuah mal ketika ledakan tiba-tiba memecahkan kaca di sekelilingnya dan merobohkan pintu toko tempat ia bekerja.

“Suaranya sangat keras. Saya ingat orang-orang berteriak, tetapi saya tidak dapat mendengar mereka,” katanya kepada Al Jazeera.

Setelah syok awal, Kaylough merasakan sakit yang tiba-tiba dan menyadari bahwa sepotong logam besar terjepit di kaki bagian bawahnya. Ia dilarikan ke rumah sakit dan akhirnya dirawat oleh dokter.

Meskipun Kaylough tidak mengalami cedera fisik jangka panjang, ia mengatakan ledakan sonik memicu trauma yang dialaminya hari itu.

“[Suara] ledakan sonik itu membawa saya kembali ke momen ledakan itu, tetapi saya berusaha untuk tidak memikirkannya,” katanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More