Pernah Digunakan untuk Upaya Pembunuhan Donald Trump, AR-15 Naik Status Jadi Ikonik

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:30 WIB
Dari tahun 1994 hingga 2004, sebagian besar senjata tersebut diblokir untuk dijual karena larangan senjata serbu AS yang berlaku selama 10 tahun. Perjanjian tersebut tidak diperpanjang, dan sebagian besar pembicaraan tentang perjanjian baru datang dari Partai Demokrat liberal.

Penjualan AR telah meledak sejak tahun 2004 dan sekarang ada lebih dari 28 juta yang beredar di AS, menurut National Shooting Sports Foundation, asosiasi perdagangan pembuat senjata.

Chris Waltz, seorang penjual senjata yang berbasis di Georgia dan pendiri kelompok AR-15 Gun Owners of America yang populer, mengatakan senjata jenis AR-15 menjadi simbol perlawanan pendukung hak kepemilikan senjata terhadap upaya liberal untuk melarang senjata tersebut.

“Semakin mereka menjadi sasaran dan dibicarakan oleh kaum liberal, komunitas Amandemen Kedua semakin menerima mereka,” kata Waltz.



Dia menambahkan bahwa penentang AR tidak menyebutkan bahwa jutaan orang Amerika menggunakannya setiap hari dengan cara yang legal dan aman, atau bahwa senapan biasanya digunakan dalam kurang dari 3% kematian akibat senjata di negara tersebut, menurut data FBI.

Berakhirnya larangan senjata nasional bertepatan dengan berkembangnya pola pikir militer Amerika setelah serangan 9/11 pada tahun 2001 dan perang Afghanistan dan Irak yang terjadi setelahnya. Platform AR-15 mendapatkan pijakan dalam budaya sipil tidak seperti senjata sebelumnya, kata para ahli.

Chris Goss, yang telah menjual senjata selama 35 tahun, menunjuk ke dinding di toko Foundation Firearms miliknya di Loveland, Colorado, tempat setengah lusin senjata jenis AR-15 dipajang. Goss mengatakan platform tersebut memiliki beberapa atribut yang disukai pembeli - memiliki recoil yang rendah dan mudah untuk ditembak serta dapat dimodifikasi oleh pembeli. Dengan harga sekarang mulai di bawah $500, itu cukup murah.

Namun Goss mengatakan penampilan juga merupakan kunci popularitas platform tersebut di kalangan pendukung senjata dan demonisasi platform tersebut oleh penentang senjata.

"Itu tampak menakutkan," katanya. “Ketika Anda melihat senjata AR-15, Anda berpikir: tentara, militer, perang, kematian.”
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More