4 Alasan Idealisme Politik Mampu Menghancurkan Ukraina

Senin, 08 Juli 2024 - 23:23 WIB
Apakah bermoral jika kita menekankan bagaimana seharusnya keadaan dunia padahal perang merupakan konsekuensi dari mengabaikan cara kerja dunia yang sebenarnya?

Alternatif untuk memperluas NATO adalah dengan tidak menerima wilayah pengaruh Rusia, yang berarti zona pengaruh eksklusif. Perdamaian berasal dari pengakuan wilayah kepentingan Rusia, yang merupakan wilayah di mana kepentingan keamanan Rusia harus diakui dan dimasukkan, bukannya dikecualikan.

"Tidaklah kontroversial jika berpendapat bahwa kepentingan keamanan Rusia harus diperhitungkan ketika beroperasi di perbatasannya. Inilah sebabnya mengapa Eropa memiliki negara-negara netral sebagai penyangga antara Timur dan Barat selama Perang Dingin untuk mengurangi persaingan keamanan," papar Diesen.

2. Harusnya Ukraina Meniru Meksiko



Foto/AP

Meksiko memiliki banyak kebebasan dalam sistem internasional, namun tidak memiliki kebebasan untuk bergabung dengan aliansi militer pimpinan China atau menjadi tuan rumah pangkalan militer China.

Argumen idealis yang menyatakan bahwa Meksiko dapat melakukan apa pun yang diinginkannya berarti mengabaikan masalah keamanan AS, dan akibatnya kemungkinan besar adalah kehancuran Meksiko oleh AS. Jika Skotlandia memisahkan diri dari Inggris dan kemudian bergabung dengan aliansi militer pimpinan Rusia dan menjadi tuan rumah bagi rudal-rudal Rusia, apakah Inggris akan tetap memperjuangkan prinsip persetujuan?

Ketika manusia hidup di dunia yang realis dan menyadari bahwa persaingan keamanan harus dikurangi demi perdamaian, maka manusia menerima sistem keamanan yang didasarkan pada batasan bersama.

"Ketika kita hidup di dunia idealis yang terdiri dari negara-negara baik versus negara-negara jahat, maka kekuatan untuk kebaikan tidak boleh dibatasi. Kedamaian kemudian terjamin ketika kebaikan mengalahkan kejahatan, dan kompromi hanyalah upaya untuk meredakan ketegangan. Kaum idealis yang berusaha melampaui politik kekuasaan dan menciptakan dunia yang lebih ramah justru mendapati diri mereka semakin mengintensifkan persaingan keamanan dan memicu perang," ungkap Diesen.

3. Moralitas Menentang Ekspansionisme NATO

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More