Karier Politik Saeed Jalili, Capres Ultrakonservatif Iran yang Maju ke Putaran Kedua

Senin, 01 Juli 2024 - 16:45 WIB
Terlepas dari jabatan birokrasi yang disematnya, Jalili juga aktif melalui aktivitas akademis. Selama berada di Kementerian Luar Negeri, ia pernah mengajar dan melakukan penelitian doktoral ilmu politik di Universitas Imam Sadegh dan menyelesaikannya pada 2002.

Keterlibatan Jalili dengan universitas tersebut turut mengasah perspektif politik garis kerasnya yang sejalan dengan pandangan pemimpin tertinggi.

Selain itu, tesis doktoral dan tulisan akademisnya selama bertugas juga menjadi landasan perspektif kebijakan luar negerinya yang ‘suka’ berperang.

Berbekal pengalaman yang dimiliki, Jalili semakin matang untuk mencapai tingkat kekuasaan yang lebih tinggi, khususnya dalam pelayanan kepada pemimpin tertinggi. Sekitar tahun 2000, Khamenei menunjuknya sebagai direktur penelitian di kantornya.

Pada tugas barunya itu, Jalili menjalin hubungan dengan putra pemimpin tertinggi, Mojtaba, yang memiliki pengaruh besar.

Menariknya, ikatan ini menjadi titik balik fase berikutnya dalam karier Jalili sebagai juru bicara Khamenei.

Sekitar 2005, Ahmadinejad naik sebagai Presiden Iran. Ia kemudian mengangkat Jalili sebagai wakil menteri luar negeri.

Pada perannya, relasi Jalili semakin luas. Para pengamat bahkan menyebut Jalili ini punya tugas rahasia untuk memastikan bawahan Ahmadinejad mengikuti arahan pemimpinnya.

Sekitar tahun 2007, Jalili ditunjuk menjadi Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi (SNSC). Bersama tugasnya, ia harus memastikan pembuatan kebijakan sudah sejalan dengan kepentingan Khamenei.

Pada waktu berdekatan, Jalili juga dipercaya menjadi kepala negosiator nuklir Iran. Dalam kapasitasnya sebagai perunding nuklir, ia mengambil sikap tegas dalam mendukung program nuklir Iran.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More