6 Negara dengan Populasi Muslim Tinggi yang Melarang Penggunaan Cadar

Rabu, 26 Juni 2024 - 22:22 WIB
Organisasi hak asasi manusia mengkritik larangan hijab di Tajikistan sebagai pelanggaran kebebasan beragama. Dengan lebih dari 98% populasi Muslim, undang-undang tersebut kemungkinan akan menghadapi penolakan yang signifikan dari masyarakat Tajikistan ketika undang-undang tersebut mulai berlaku.



2. Tunisia



Foto/AP

Pemerintah Tunisia telah melarang pemakaian niqab – cadar yang menutupi seluruh wajah – di lembaga-lembaga publik dengan segera, dengan alasan keamanan sejak 5 Juli 2019.

Keputusan tersebut, yang dilaporkan di media pemerintah, diambil pada saat keamanan meningkat di negara tersebut menyusul dua bom bunuh diri di ibu kota, Tunis. Saksi mata mengatakan salah satu pelaku bom menyamar dengan mengenakan niqab. Kementerian Dalam Negeri membantah hal ini dan mengatakan dalang pemboman tersebut meledakkan dirinya pada hari Selasa untuk menghindari penangkapan.

Pada tahun 2011, perempuan diizinkan mengenakan jilbab dan niqab di Tunisia setelah larangan selama puluhan tahun di bawah pemerintahan presiden sekuler Zine El Abidine Ben Ali dan Habib Bourguiba, yang menolak segala bentuk pakaian Islami.

Pada bulan Februari 2014, menteri dalam negeri menginstruksikan polisi untuk meningkatkan pengawasan terhadap penggunaan niqab sebagai bagian dari tindakan “anti-terorisme” untuk mencegah penggunaannya sebagai penyamaran.

3. Kosovo



Foto/AP
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More