Apa Itu Taktik Perang Tabrak Lari? Strategi Dilakukan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Kamis, 06 Juni 2024 - 18:55 WIB
Netanyahu dan pemerintahannya berada di bawah tekanan dari Washington untuk menyetujui rencana gencatan senjata untuk mengakhiri perang, yang dimulai pada 7 Oktober ketika pejuang Hamas menyerbu ke Israel selatan, menewaskan lebih dari 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Serangan darat dan udara Israel selanjutnya di Gaza telah menyebabkan wilayah tersebut hancur dan menewaskan lebih dari 36.000 orang, menurut otoritas kesehatan Palestina. PBB mengatakan lebih dari satu juta orang menghadapi tingkat kelaparan yang sangat besar.

Kekuatan Hamas di Rafah Masih Tangguh



Foto/Reuters

Terdapat sekitar 7.000-8.000 pejuang Hamas yang dilaporkan bercokol di Rafah, benteng terakhir perlawanan kelompok tersebut, menurut para pejabat Israel dan AS. Para pemimpin tertinggi Yahya Sinwar, saudaranya Mohammed, dan orang kedua di komando Sinwar Mohammed Deif masih hidup dan diyakini bersembunyi di terowongan bersama sandera Israel, kata mereka.

Kelompok Palestina telah menunjukkan kemampuan untuk mundur dengan cepat setelah serangan, berlindung, berkumpul kembali, dan muncul kembali di wilayah yang diyakini Israel telah dibersihkan dari militan, kata seorang pejabat pemerintah AS.

Lerner, juru bicara IDF, setuju bahwa Israel menghadapi pertempuran panjang untuk mengalahkan Hamas, yang telah menguasai Jalur Gaza sejak 2006.

“Tidak ada perbaikan yang cepat setelah 17 tahun mereka membangun kemampuannya,” tambahnya.

Hamas telah membangun terowongan kota bawah tanah sepanjang 500 km (310 mil) selama bertahun-tahun. Labirin tersebut, yang dijuluki metro Gaza oleh militer Israel, kira-kira setengah panjang sistem kereta bawah tanah New York. Dilengkapi dengan air, listrik, dan ventilasi, tempat ini menjadi tempat berlindung bagi para pemimpin Hamas, pusat komando dan kendali, serta gudang senjata dan amunisi.

Militer Israel mengatakan pekan lalu bahwa mereka telah menguasai seluruh perbatasan darat Gaza-Mesir untuk mencegah penyelundupan senjata. Sekitar 20 terowongan yang digunakan Hamas untuk membawa senjata ke Gaza ditemukan di zona tersebut, tambahnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More