Apa Itu Taktik Perang Tabrak Lari? Strategi Dilakukan Hamas untuk Membantai Tentara Israel

Kamis, 06 Juni 2024 - 18:55 WIB
Hamas menerapkan taktik tabrik lari. Foto/Reuters
GAZA - Hamas mengandalkan taktik tabrak lari untuk menggagalkan upaya Israel menguasai Gaza. Taktik itu mampu melumpuhkan banyak tentara Israel.

Hamas – yang sumber-sumber AS yakin kekuatan tempurnya berkurang menjadi antara 9.000 dan 12.000 pejuang, turun dari perkiraan AS yang berjumlah 20.000-25.000 sebelum perang – kini mengandalkan penyergapan dan bom rakitan untuk menyerang pasukan Israel.

Efektif Mengandalkan Terowongan





Foto/Reuters

Para pejabat AS, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan kepada Reuters bahwa taktik semacam itu dapat menopang perjuangan Hamas selama berbulan-bulan mendatang, dibantu dengan senjata yang diselundupkan ke Gaza melalui terowongan dan senjata lain yang digunakan dari persenjataan yang tidak meledak atau dirampas dari pasukan Israel.

Kelompok Palestina telah menunjukkan kemampuan untuk mundur dengan cepat setelah serangan, berlindung, berkumpul kembali, dan muncul kembali di wilayah yang diyakini Israel telah dibersihkan dari pejuang perlawanan, kata seorang pejabat pemerintah AS.

Jebakan bagi Tentara Israel



Foto/Reuters

Warga Gaza, Wissam Ibrahim, juga mengatakan kepada Reuters bahwa taktik Hamas telah berubah dari menembaki “pasukan Israel segera setelah mereka masuk ke wilayah mereka”.

“Sekarang, ada perubahan penting dalam mode operasi mereka, mereka menunggu sampai mereka dikerahkan dan kemudian memulai penyergapan dan serangan.”

Para pejabat AS, yang meminta tidak disebutkan namanya untuk membahas masalah-masalah sensitif, mengatakan bahwa taktik semacam itu dapat menopang pemberontakan Hamas selama berbulan-bulan mendatang, dibantu dengan senjata yang diselundupkan ke Gaza melalui terowongan dan senjata lain yang digunakan dari persenjataan yang tidak meledak atau dirampas dari pasukan Israel.

Jangka waktu yang berlarut-larut seperti ini juga diamini oleh penasihat keamanan nasional Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang mengatakan pekan lalu bahwa perang bisa berlangsung setidaknya hingga akhir tahun 2024.

Seorang juru bicara Hamas tidak menanggapi permintaan komentar mengenai strategi medan perangnya.

Dalam upaya propaganda paralel, beberapa pejuang kelompok tersebut merekam serangan mereka terhadap pasukan Israel, sebelum mengedit dan mempostingnya di Telegram dan aplikasi media sosial lainnya.

Kekuatan Tentara Israel Melemah



Foto/Reuters

Peter Lerner, juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF), mengatakan kepada Reuters bahwa mereka masih jauh dari menghancurkan Hamas, yang menurutnya juga telah kehilangan sekitar setengah dari kekuatan tempurnya.

Lerner mengatakan militer beradaptasi dengan perubahan taktik kelompok tersebut dan mengakui bahwa Israel tidak dapat melenyapkan setiap pejuang Hamas atau menghancurkan setiap terowongan Hamas.

"Tidak pernah ada tujuan untuk membunuh setiap teroris yang ada di lapangan. Itu bukan tujuan yang realistis," tambahnya. “Menghancurkan Hamas sebagai otoritas pemerintahan adalah tujuan militer yang dapat dicapai dan dicapai,” tambahnya.

Netanyahu dan pemerintahannya berada di bawah tekanan dari Washington untuk menyetujui rencana gencatan senjata untuk mengakhiri perang, yang dimulai pada 7 Oktober ketika pejuang Hamas menyerbu ke Israel selatan, menewaskan lebih dari 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Serangan darat dan udara Israel selanjutnya di Gaza telah menyebabkan wilayah tersebut hancur dan menewaskan lebih dari 36.000 orang, menurut otoritas kesehatan Palestina. PBB mengatakan lebih dari satu juta orang menghadapi tingkat kelaparan yang sangat besar.

Kekuatan Hamas di Rafah Masih Tangguh



Foto/Reuters

Terdapat sekitar 7.000-8.000 pejuang Hamas yang dilaporkan bercokol di Rafah, benteng terakhir perlawanan kelompok tersebut, menurut para pejabat Israel dan AS. Para pemimpin tertinggi Yahya Sinwar, saudaranya Mohammed, dan orang kedua di komando Sinwar Mohammed Deif masih hidup dan diyakini bersembunyi di terowongan bersama sandera Israel, kata mereka.

Kelompok Palestina telah menunjukkan kemampuan untuk mundur dengan cepat setelah serangan, berlindung, berkumpul kembali, dan muncul kembali di wilayah yang diyakini Israel telah dibersihkan dari militan, kata seorang pejabat pemerintah AS.

Lerner, juru bicara IDF, setuju bahwa Israel menghadapi pertempuran panjang untuk mengalahkan Hamas, yang telah menguasai Jalur Gaza sejak 2006.

“Tidak ada perbaikan yang cepat setelah 17 tahun mereka membangun kemampuannya,” tambahnya.

Hamas telah membangun terowongan kota bawah tanah sepanjang 500 km (310 mil) selama bertahun-tahun. Labirin tersebut, yang dijuluki metro Gaza oleh militer Israel, kira-kira setengah panjang sistem kereta bawah tanah New York. Dilengkapi dengan air, listrik, dan ventilasi, tempat ini menjadi tempat berlindung bagi para pemimpin Hamas, pusat komando dan kendali, serta gudang senjata dan amunisi.

Militer Israel mengatakan pekan lalu bahwa mereka telah menguasai seluruh perbatasan darat Gaza-Mesir untuk mencegah penyelundupan senjata. Sekitar 20 terowongan yang digunakan Hamas untuk membawa senjata ke Gaza ditemukan di zona tersebut, tambahnya.

Layanan Informasi Negara Mesir tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai klaim Israel mengenai penyelundupan senjata dari negara tersebut. Para pejabat Mesir sebelumnya membantah adanya perdagangan gelap seperti itu, dan mengatakan bahwa mereka telah menghancurkan jaringan terowongan menuju Gaza beberapa tahun yang lalu.

Serangan ke Gaza adalah konflik terpanjang dan paling sengit yang dilakukan Israel sejak mereka menginvasi Lebanon untuk menggulingkan Organisasi Pembebasan Palestina pada tahun 1982.

Serangan ke Gaza adalah konflik terpanjang dan paling sengit yang dilakukan Israel sejak mereka menginvasi Lebanon untuk menggulingkan Organisasi Pembebasan Palestina pada tahun 1982.

Netanyahu telah menentang seruan domestik dan internasional untuk menguraikan rencana pascaperang di wilayah tersebut. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah memperingatkan bahwa tidak adanya peta jalan semacam itu dapat memicu pelanggaran hukum di wilayah tersebut.



Pejuang Baru di Palestina Terus Bermunculan



Foto/Reuters

Seorang pejabat Arab mengatakan kepada Reuters bahwa pejuang baru telah bermunculan di Gaza di tengah kekosongan kekuasaan, menyita pengiriman makanan dan melakukan perampokan bersenjata.

Pejabat tersebut dan dua sumber pemerintah Arab lainnya, yang semuanya meminta anonimitas untuk berbicara secara bebas, mengatakan IDF bisa menghadapi ancaman serupa dengan yang dihadapi Amerika di kota Falluja pada tahun 2004-2006 setelah invasi pimpinan AS ke Irak.

Pemberontakan besar-besaran di Falluja meningkatkan jumlah anggota Al Qaeda dan kemudian ISIS, sehingga membuat Irak terjebak dalam konflik dan kekacauan yang belum sepenuhnya hilang dua dekade kemudian.

Washington dan sekutu-sekutu Arabnya mengatakan mereka sedang mengerjakan rencana pasca-konflik untuk Gaza yang melibatkan jalur yang terikat waktu dan tidak dapat diubah menuju negara Palestina.

Ketika rencana tersebut, yang merupakan bagian dari “tawar-menawar besar” yang diharapkan oleh Amerika Serikat yang bertujuan untuk menjamin normalisasi hubungan antara Arab Saudi dan Israel, telah selesai, maka Washington akan menyerahkannya kepada Israel, kata para pejabat AS.

Seorang pejabat Uni Emirat Arab yang mengetahui langsung diskusi tersebut mengatakan bahwa undangan Palestina diperlukan bagi negara-negara untuk membantu Gaza dalam operasi darurat, serta mengakhiri permusuhan, pelepasan penuh Israel, dan kejelasan status hukum Gaza, termasuk kontrol perbatasan.

Proses darurat ini dapat berlangsung selama satu tahun dan berpotensi diperpanjang untuk satu tahun berikutnya, menurut pejabat UEA yang mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk menstabilkan daerah kantong tersebut daripada membangunnya kembali.

Agar rekonstruksi dapat dimulai, diperlukan peta jalan yang lebih rinci menuju solusi dua negara, serta reformasi Otoritas Palestina yang serius dan kredibel.

Bagaimana Amerika Serikat berupaya mengatasi penolakan Netanyahu terhadap solusi dua negara, yang menurut Riyadh merupakan syarat untuk menormalisasi hubungan, masih belum jelas.

David Schenker, mantan Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Timur Dekat, menolak saran penarikan pasukan IDF dari wilayah Palestina.

“Israel mengatakan mereka akan mempertahankan kontrol keamanan yang berarti mereka akan terus menerbangkan drone di Gaza dan mereka tidak akan terbatasi jika mereka melihat Hamas bangkit kembali, mereka akan kembali,” kata Schenker, seorang aktivis HAM. rekan senior di lembaga pemikir Washington Institute yang berbasis di AS.

Gadi Eisenkot, mantan panglima militer Israel yang bertugas di kabinet perang Netanyahu, telah mengusulkan koalisi internasional yang dipimpin Mesir sebagai alternatif dari pemerintahan Hamas di Gaza.

Dalam pengarahan tertutup pekan lalu kepada Komite Urusan Luar Negeri dan Pertahanan Knesset, ia menekankan sifat kompleks perang anti-pejuang.

“Ini adalah perjuangan agama, nasionalis, sosial, dan militer tanpa pukulan telak melainkan peperangan berlarut-larut yang akan berlangsung bertahun-tahun,” katanya.

Serangan Roket Terus Diintensifkan



Foto/Reuters

Sementara itu, menurut lembaga riset perang Institute for the Study of War (ISW) dan Critical Threats Project (CTP) , tujuh kelompok bersenjata Palestina meluncurkan roket dan mortir ke arah pasukan Israel dan sebuah pos militer yang terletak di sepanjang Koridor Netzarim – sebuah jalan buatan Israel yang melintasi Gaza, membagi utara dan selatannya untuk memungkinkan kontrol militer yang lebih besar atas wilayah Palestina.

Serangan tersebut menunjukkan bahwa “banyak milisi masih aktif di Jalur Gaza utara”, menurut Institute for the Study of War (ISW) dan Critical Threats Project (CTP) dalam penilaian medan perang terbaru mereka.

Kedua lembaga pemikir yang bermarkas di Amerika Serikat ini juga melaporkan bahwa tiga kelompok Palestina mengklaim melakukan serangan pada hari Rabu terhadap pasukan Israel yang beroperasi di kota Rafah di selatan Gaza, di mana pasukan Israel melaporkan telah maju ke lingkungan wilayah barat kota Saudi, menurut laporan bersama ISW/CTP.

Pejuang Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina dan Brigade Martir Al-Aqsa menggabungkan kekuatan mereka pada hari Rabu untuk melakukan serangan roket gabungan ke Israel selatan, demikian laporan lembaga think tank.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More