Seteru Rusia-NATO Memanas, AS Mendadak Bersiap Uji Rudal Nuklir Minuteman III

Senin, 03 Juni 2024 - 10:59 WIB
“Saya pikir AS sedang melakukan audit terhadap rudal peluncur hulu ledak nuklirnya. Faktanya adalah mereka sudah lama tidak melakukan uji coba apa pun,” kata Borzenko kepada Sputnik, sambil mengingat bahwa Rusia menguji rudal strategisnya rata-rata sekali atau dua kali setahun untuk memastikan kesiapan.

“Amerika hanya mengandalkan apa yang mereka miliki,” kata pengamat tersebut, merujuk pada status ICBM Minuteman III sebagai sistem yang menua.

“Banyak dari rudal-rudal ini sudah sangat tua, dan perkembangannya dimulai pada tahun 70-an dan 80-an. Oleh karena itu, mereka hanya ingin menguji rudal ini dan secara bertahap memodernisasi kekuatan nuklirnya dengan rudal baru. Faktanya adalah bahwa teknologi rudal saat ini adalah salah satu bidang yang paling sulit dalam meningkatkan kekuatan pasukan.”

“Teknologinya harus diproduksi. Ini adalah teknologi yang sangat, sangat kompleks. Banyak tugas yang terlibat dalam berbagai arah paralel dalam proproduksi rudal-rudal ini, sistem panduannya, yang dihubungkan dengan satelit, peralatan untuk mengendalikan penerbangan roket, dan banyak hal tambahan lainnya,” jelas Borzenko.

Ketika ditanya apakah peluncuran tersebut harus diwaspadai oleh Rusia, Borzenko mengatakan jawabannya adalah ya, setidaknya sampai batas tertentu, mengingat hal itu berarti Amerika telah kembali ke bidang yang sudah lama tidak mereka tangani dan memulai modernisasi persenjataan mereka. "Untuk menempatkan rudal nuklir mereka," katanya.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More