Perbandingan Kekuatan Militer China dan Taiwan

Rabu, 29 Mei 2024 - 20:30 WIB
Taiwan, sebagai perbandingan, memiliki 169.000 personel militer aktif dan saat ini didukung oleh sekitar 1,66 juta “pejuang sipil”, menurut data dari Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS).

Baik China maupun Taiwan telah meningkatkan anggaran pertahanan mereka secara signifikan tahun ini di tengah meningkatnya ketegangan antara negara-negara Asia.

China memiliki belanja pertahanan sebesar USD225 miliar, kenaikan sebesar 7,2 persen dan merupakan tingkat kenaikan tercepat sejak tahun 2019.

Pemerintahan Taiwan juga meningkatkan anggaran pertahanan tahun ini menjadi USD19 miliar, meningkat hampir 15 persen dari tahun sebelumnya. Alokasi tersebut diberikan untuk peningkatan sistem tempur udara dan laut guna melawan serangan China.

Selama latihan tempur terbaru, China fokus pada “anti-akses dan penolakan wilayah”, kata seorang pejabat pemerintah Taiwan kepada Financial Times, mengacu pada strategi memblokir pasukan AS memasuki dan beroperasi di wilayah udara dan perairan dekat China.

“Ada banyak simulasi serangan terhadap sasaran udara dan laut, yang difokuskan untuk mencegah masuknya pasukan yang datang dari luar rangkaian pulau.”

China memiliki armada besar yang terdiri dari 86 kapal angkatan laut dan 59 kapal selam, sedangkan Taiwan mengoperasikan 26 kapal angkatan laut dan hanya empat kapal selam.

Dalam hal kekuatan udara, China melebihi Taiwan dengan lebih dari 2.921 pesawat tempur, termasuk J-20. Taipei dilaporkan memiliki 744 pesawat di gudang senjatanya.

Taiwan memiliki 650 tank untuk bertahan melawan 4.800 tank Tiongkok. Dalam hal artileri gerak sendiri, armada Tiongkok berjumlah 9.550 dibandingkan dengan Taiwan yang berjumlah 2.093.

Sementara itu, Taiwan mengatakan pihaknya telah meluncurkan latihan skala besar tahunan pada hari Kamis bersama dengan dinas bencana dan kementerian pertahanannya. Tahun lalu, pemerintah mengubah latihan kesiapsiagaan bencana dengan memasukkan lebih banyak skenario masa perang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More