Putin Inginkan Gencatan Senjata di Ukraina, Benarkah?

Sabtu, 25 Mei 2024 - 19:55 WIB
Dengan tidak adanya gencatan senjata, Putin ingin mengambil wilayah sebanyak mungkin untuk meningkatkan tekanan terhadap Ukraina sambil berupaya memanfaatkan peluang tak terduga untuk memperoleh lebih banyak wilayah, kata tiga sumber.

Pasukan Rusia menguasai sekitar 18% wilayah Ukraina dan bulan ini menyerbu wilayah timur laut Kharkiv.

Putin mengandalkan populasi Rusia yang besar dibandingkan dengan Ukraina untuk mempertahankan tenaga kerja yang unggul bahkan tanpa mobilisasi, didukung oleh paket gaji yang luar biasa besar bagi mereka yang mendaftar.

“Rusia akan mendorong lebih jauh lagi,” kata sumber yang pernah bekerja dengan Putin.

Putin perlahan-lahan akan menaklukkan wilayah-wilayah sampai Zelenskiy memberikan tawaran untuk berhenti, kata orang tersebut, seraya mengatakan bahwa pemimpin Rusia tersebut telah menyatakan pandangan kepada para pembantunya bahwa Barat tidak akan menyediakan cukup senjata, sehingga melemahkan moral Ukraina.

Para pemimpin AS dan Eropa mengatakan mereka akan mendukung Ukraina sampai kedaulatan keamanannya terjamin. Negara-negara NATO dan sekutunya mengatakan mereka berusaha mempercepat pengiriman senjata.

“Rusia dapat mengakhiri perang kapan saja dengan menarik pasukannya dari Ukraina, daripada terus melancarkan serangan brutal terhadap kota, pelabuhan, dan masyarakat Ukraina setiap hari,” kata Departemen Luar Negeri AS saat menjawab pertanyaan tentang pasokan senjata.

Kelima sumber tersebut mengatakan bahwa Putin telah mengatakan kepada para penasihatnya bahwa dia tidak mempunyai rencana apa pun di wilayah NATO, yang mencerminkan komentar publiknya mengenai masalah tersebut. Dua sumber menyebutkan kekhawatiran Rusia mengenai meningkatnya bahaya eskalasi dengan Barat, termasuk eskalasi nuklir, sehubungan dengan kebuntuan Ukraina.

Departemen Luar Negeri mengatakan Amerika Serikat belum menyesuaikan postur nuklirnya, dan tidak melihat tanda-tanda bahwa Rusia sedang bersiap untuk menggunakan senjata nuklir.

“Kami terus memantau lingkungan strategis dan tetap siap,” kata juru bicara tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More