2 Negara Arab yang Pernah Jadi Musuh Iran, Mana Saja Itu?

Selasa, 21 Mei 2024 - 18:45 WIB
Pada perang itu Arab Saudi bersama dengan AS secara terang-terangan memberikan dukungannya pada Irak yang dipimpin pemimpin Sunni, Saddam Hussein.

Gesekan keduanya semakin jelas terlihat ketika Arab Saudi semakin berani dengan dukungan dari pemerintahan Donald Trump, sementara Israel, yang memandang Iran sebagai ancaman mematikan, dalam arti tertentu “mendukung” upaya Saudi untuk membendung Iran.

Tidak hanya itu, Israel dan Arab Saudi ajuga menjadi negara yang menentang perjanjian internasional tahun 2015 yang membatasi program nuklir Iran, dan bersikeras perjanjian tersebut tidak cukup untuk menghilangkan peluang Iran mendapatkan bom tersebut.

Tidak cukup sampai disitu, Arab Saudi juga sempat menuduh Iran memasok rudal balistik yang ditembakkan ke wilayah Saudi oleh gerakan pemberontak Houthi.

Iran juga dituduh mengerahkan kekuatannya di jalur perairan strategis di Teluk, yang menjadi jalur pengiriman minyak dari Arab Saudi.

2. Bahrain



Konflik antara Bahrain dengan Iran sebenarnya terjadi belum lama ini. Dimulai dari pihak berwenang Bahrain mengumumkan penangkapan lima anggota kelompok teroris yang terkait dengan setidaknya satu serangan bom di Bahrain di tahun 2015 lalu.

Mereka meyakini jika kelompok teroris itu menerima bantuan dan pelatihan dari Hizbullah Lebanon dan Garda Revolusi yang berbasis di Iran.

Dari peristiwa itu, akhirnya pada tanggal 4 Januari 2016, Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran, dengan alasan "campur tangan Iran yang terang-terangan dan berbahaya" di Bahrain dan negara-negara Arab lainnya.

Bahrain melakukan pemutusan hubungan tersebut setelah Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More