Kebobolan Teroris, Ada Apa dengan Badan Intelijen Rusia?

Selasa, 26 Maret 2024 - 13:35 WIB



Lewatkan Peringatan AS?



Entah orang-orang tersebut ditugaskan oleh ISIS-K seperti yang ditegaskan oleh kelompok militan tersebut dan negara-negara Barat, atau apakah mungkin ada hubungan dengan Ukraina seperti yang diisyaratkan Putin—dan Kyiv dengan tegas membantahnya—terdapat tanda-tanda peringatan yang tampaknya tidak diperhatikan.

Analis keamanan mengatakan cara penyerangan dan pelarian tersebut dilakukan adalah bukti pengintaian ekstensif terhadap tempat tersebut sebelumnya dan media Rusia menerbitkan rekaman CCTV dari salah satu pria bersenjata yang berkunjung pada waktu yang lebih awal.

Pada 7 Maret, Kedutaan AS di Moskow mengeluarkan peringatan keamanan kepada warga Amerika, mengatakan kepada mereka bahwa Washington "memantau laporan bahwa ekstremis mempunyai rencana untuk menargetkan pertemuan besar di Moskow, termasuk konser".

Pada 19 Maret, tiga hari sebelum pembunuhan besar-besaran, Putin menyampaikan pidato di depan kepala FSB, di mana dia menolak apa yang dia katakan sebagai peringatan Barat yang "provokatif" tentang tindakan teroris.

“Semua tindakan ini menyerupai pemerasan dan niat untuk mengintimidasi dan mengganggu stabilitas masyarakat kita,” kata Putin.

Nina Krushcheva, seorang profesor hubungan internasional di The New School di New York, mengatakan FSB tampaknya telah memantau ISIS.

Namun dia mengatakan pandangan Putin bahwa Rusia terjebak dalam perjuangan eksistensial dengan negara-negara Barat yang dipimpin AS akan mempersulit Moskow untuk menerima begitu saja peringatan keamanan dari AS.

“Ada banyak ketidakpercayaan. Bukan berarti Amerika tidak terlibat dalam misinformasi,” katanya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More