Perbandingan Kebijakan al-Sisi dan Mursi ketika Memimpin Mesir

Senin, 26 Februari 2024 - 20:20 WIB
Mursi terpilih sebagai calon presiden Ikhwanul Muslimin pada bulan April 2012 setelah wakil pemimpin umum gerakan tersebut, pengusaha jutawan Khairat al-Shater, terpaksa mundur.

Dalam kampanye pemilunya, Mursi menampilkan dirinya sebagai benteng melawan kebangkitan pemerintahan lama Hosni Mubarak.

2. Bekerja untuk Seluruh Rakyat Mesir



Foto/Reuters

Ketika ia berkuasa pada Juni 2012 setelah kemenangan tipis dalam pemilu, Mursi berjanji akan memimpin pemerintahan "untuk seluruh rakyat Mesir".

Namun para kritikus mengeluhkan bahwa ia gagal mewujudkan kinerjanya selama tahun penuh gejolak masa jabatannya. Mereka menuduhnya membiarkan kelompok Islam memonopoli panggung politik dan memusatkan kekuasaan di tangan Ikhwanul Muslimin.

Selain itu, mereka mengatakan bahwa ia telah salah menangani perekonomian dan gagal menangani isu-isu yang menyebabkan pemberontakan yang membawanya ke tampuk kekuasaan: tuntutan terhadap hak asasi manusia dan keadilan sosial.

3. Dikudeta oleh Sisi

Militer memperingatkan Mursi bahwa mereka akan melakukan intervensi jika dia tidak memenuhi tuntutan masyarakat dalam waktu 48 jam.

Pada malam tanggal 3 Juli, tentara menangguhkan konstitusi dan mengumumkan pembentukan pemerintahan sementara teknokratis menjelang pemilihan presiden baru.

Mursi mengecam tindakan tersebut sebagai “kudeta”. Penangkapannya diperintahkan oleh panglima angkatan bersenjata – dan sekarang presiden – Abdul Fattah al-Sisi – dan dia dibawa oleh tentara ke lokasi yang dirahasiakan, dan tidak terdengar kabarnya selama berminggu-minggu.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More